saat waktu tidur bayi 6 bulan Awan Ukaya

saat waktu tidur bayi 6 bulan

Bayi yang baru mengenal dunia, akan banyak menghabiskan waktu untuk tidur. Waktu tidurnya juga masih belum teratur, bayi bisa terbangun di tengah malam atau dini hari saat orangtua sedang pulas tertidur. Maka tidak heran, orangtua yang baru mempunyai anak dalam kehidupannya tidak dapat tidur nyenyak seperti biasanya.

Tidur dengan kualitas dan kuantitas yang baik akan banyak membantu perkembangan bayi. Biasanya anak-anak dengan usia yang sama akan mempunyai rentang waktu tidur yang kurang lebih sama. Tapi harus diingat, setiap orang adalah individu yang unik dengan kebutuhan yang berbeda-beda, termasuk juga kebutuhan akan waktu tidur.

Bagaimana dengan waktu tidur bayi yang termasuk dalam 0 – 6 bulan pertama?
Bayi yang baru lahir bisa tidur atau terlihat mengantuk selama 16 hingga 20 jam sehari. Biasanya waktu tidur mereka terlama sekitar 4-5 jam, karena setelah itu perut mereka memerlukan masukan makanan. Jam biologis belum berkembang dengan baik, sehingga si kecil mempunyai waktu tidur yang berubah-ubah.

Sejak si kecil menginjak usia 3 bulan, biasanya rata-rata waktu tidur di siang hari sekitar 5 jam dan 10 jam di malam hari. Sektiar 90% bayi akan tidur sepanjang malam, sekitar 6 – 8 jam dalam semalam.

Walaupun si kecil mengeluarkan suara-suara seperti saat bangun, sebenarnya mereka bisa saja sedang dalam keadaan tidur. Si kecil dapat menangis, dan meracau dalam keadaan tidur. Walaupun si kecil terbangun, si kecil dapat tidur kembali. Jadi biarkanlah si kecil kembali terlelap sehingga si kecil dapat belajar untuk dapat tidur sendiri.