Saat bayi lepas botol susu Awan Ukaya

Saat bayi lepas botol susu

Menurut ahli pediatrik di University California, belajar untuk minum langsung dari gelas merupakan tahapan yang sangat penting bagi kesehatan dan perkembangan anak.

Dengan lepas dari botol susunya, si kecil akan belajar untuk lebih mandiri, lebih leluasa bereksplorasi, bermain dan bahkan mendorongnya untuk mengucapkan kata-kata dengan benar.

Setelah anak berumur 1 tahun, makanan utamanya adalah makanan padat, bukan susu. Minum susu melalui botol cenderung akan membuat dia mengonsumsi susu terlalu banyak, sehingga selain berisiko menyebabkan anak menjadi overweight juga membuat dia semakin malas makan. Selain itu, ngedot hingga tertidur dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti gigi berlubang atau infeksi telinga.

Anda dapat mengenalkan gelas atau cangkir minum kepada si kecil pada usia sekitar 9 bulan. Saat ini, di pasaran tersedia berbagai pilihan model dan jenis training cup, untuk membuat si kecil semangat belajar minum dari gelas. Pengenalan cangkir minum kepada anak bisa dilakukan sambil bermain, misalnya menjadikan cangkir minumnya sebagai mainan waktu mandi (tapi hati-hati jangan sampai ia minum air mandi). Supaya si kecil tidak kaget, Anda bisa menyapihnya secara bertahap. Misalnya, selama 1-2 hari dalam seminggu dijadikan hari tanpa botol, atau botol susu hanya digunakan pada malam hari. Atau alihkan perhatiannya dengan mengisi botol yang biasa untuk minum susu dengan air putih, sedangkan susu dan jus buah di dalam cangkir minumnya.