Punggung sering pegal? ini solusinya Awan Ukaya

Punggung sering pegal? ini solusinya

Apakah anda sering mengalami punggung sering pegal? gangguan ini bias menimpa siapa saja, terutama bagi orang yang bekerja sambil duduk (sopir , di depan komputer dll). Namun hal ini tidak bisa kita hindari karena hal itu termasuk sumber nafkah kita. Apalagi saat kita terpaksa lembur karena pekerjaan sedang menumpuk. punggung benar-benar pegal dan sakit.

Bagian paling rawan terserang rasa pegal saat terlalu lama duduk saat menyopir atau duduk di depan komputer adalah punggung dan leher. Apalagi kalau posisi duduk tidak benar, sehingga beban pada punggung dan leher pun semakin berat dan melelahkan. Solusinya adalah sering bergerak dan sesekali berdiri untuk berjalan-jalan sebentar, misalnya mengambil air minum dll. Berikut ada tips untuk menggerakan beberapa bagian tubuh kita supaya punggung kita tidak terlalu pegal.

1. Cara Mengatasi punggung pegal sambil duduk
Duduk tegak dengan pandangan lurus ke depan. Letakkan kedua tangan di belakang kepala. Tarik nafas dalam-dalam sambil membusungkan dada. Tahan posisi ini selama 10 detik, ulangi tiga kali

2. Cara Mengatasi punggung pegal sambil berdiri:
Dalam posisi berdiri tegak, ulurkan kelua tangan lurus ke belakang. Genggam kedua tangan lalu tarik ke atas sambil membusungkan dada. Tahan selama 10 – 15 detik, ulangi 2 -3 kali.

3. Cara Mengatasi leher pegal
Duduk tegak, pandangan lurus ke depan, lalu gerakkan kepala ke kanan. Dengan tangan kanan, tarik kepala ke arah kanan secara perlahan untuk melenturkan otot-otot leher samping. Tahan posisi ini selama 10 detik dan ulangi 3 kali. Lakukan gerakan yang sama ke arah kiri.