Puasa cara terbaik menghentikan rokok Awan Ukaya

Puasa cara terbaik menghentikan rokok

Berpuasa di Bulan Ramadan banyak manfaatnya bagi kesehatan. Bagi perokok dengan berpuasa selama Ramadan dapat membantu mereka menghentikan kebiasaan merokok.

Sebagaimana dikutip Gulftimes dari AP, puasa merupakan salah satu cara untuk mempertahankan kesehatan dan sangat efektif menyembuhkan berbagai penyakit psikologis dan kelainan jiwa, Kamis (9/8).

“Ramadan melatih para perokok berat untuk hidup sehat dengan menghindari rokok dan kecanduan nikotin untuk hidup normal,” ujar Dokter RS Family di Rawalpindi Haseeb Sitaar.

Menurutnya, berpuasa membuat orang tetap sehat dan bersih baik fisik maupun rohani, dan berhenti merokok merupakan cara terbaik bagi mereka yang punya infeksi serius.

“Di hari normal, orang cenderung sulit untuk menahan tidak merokok karena rutinitas yang sibuk, tapi kalau di Bulan Ramadan bisa menjauhkan mereka dari merokok, karena selama berpuasa dilarang merokok,” paparnya.

Rehat dari merokok selama sebulan penuh terkadang dapat membuat orang menjadi berhenti total melakukan kebiasaan buruk tersebut. Meskipun, terkadang orang yang sedang berusaha tidak merokok tersebut menjadi seorang yang pemarah, gelisah, tidak sabar, sulit tidur, dan sulit berkonsentrasi.

“Tapi puasa bisa membantu mereka menjaga kesabaran,” ujarnya