Petunjuk Membeli Perlengkapan bayi Awan Ukaya

Petunjuk Membeli Perlengkapan bayi

Sekalipun kemampuan ekonomi kita cukup tinggi, tidak serta merta membuat anda harus membeli banyak perlengkapan bayi yang bahkan nantinya tidak terpakai karena masih banyak. Anda perlu cermat membeli perlengkapan bayi, terutama pada dua musim yang berbeda.

Pakaian
Belilah pakaian bayi dari bahan katun lembut dengan ukuran dan model yang nyaman dipakai. Beberapa jenis pakaian yang harus disiapkan adalah pakaian sehari-hari, pakaian tidur, baju hangat, kain bedong, selimut, sarung tangan, kaos kaki/sepatu lembut, topi lembut. Selama ini bayi yang baru lahir selalu menggunakan gurita. Sebaiknya, hal ini tidak perlu dilakukan lagi karena jika seseorang ibu tidak tahu cara pemakaiannya akan membahayakan si bayi. Misalnya, jika pemasangan gurita terlalu ketat, bayi akan muntah sehingga asupan nutrisi tidak mencukupi kebutuhan. Akibatnya, pertumbuhan bayi akan terhambat.

Popok
Belilah popok dari bahan katun yang lembut dan mudah menyerap air, dengan pengikat tali atau memakai peniti. Jika Anda ingin menggunakan popok sekali pakai, belilah yang daya serapnya tinggi untuk menghindari terendamnya kulit oleh air seni. Kulit yang terendam air seni akan menjadi biduran (bintik-bintik merah) dan mudah lecet.

Berikut ini beberapa perlengkapan bayi yang harus disediakan:

  1. Sabun lembut/cairan khusus untuk mandi.
  2. Kapas basah yang disimpan dalam wadah khusus atau tisu basah untuk membersihkan pantat.
  3. Handuk yang lembut (satu-dua buah)
  4. Bak mandi bayi.
  5. Dua ember plastik (bertutup) satu untuk menyimpan popok yang ada kotorannya (air seni) dan satu lagi untuk menyimpan pakaian dan handuk kotor.
  6. Tempat sampah kecil untuk menyimpan kapas/tisu kotor.
  7. Sisir yang lembut.
  8. Pemotong kuku bayi

Perlengkapan untuk menyusui (jika diperlukan):

  1. Enam botol susu dengan dotnya.
  2. Panci untuk merebus botol atau wadah untuk mensterilkan perlengkapan menyusui dengan tablet pensteril.
  3. Sabun cair dan sikat botol.
  4. Botol-botol ini berguna untuk menampung ASI yang diperas.

Sumber: Buklet Prenagen