Pertumbuhan bayi usia 4 bulan Awan Ukaya

Pertumbuhan bayi usia 4 bulan

Saat memasuki usia 4 bulan, bayi Anda akan sering membuat kejutan, tentu saja menyenangkan karena ini menyangkut kemajuan kemampuannya.

  1. Bayi Anda menjatuhkan dan melempar barang dan menangis tiba-tiba. Ini hanya salah satu cara menarik perhatian orang-orang di sekelilingnya.
  2. Ia menangis digendong orang yang baru dikenalnya, karena saat ini ia mulai memilih dekat dengan orang yang dicintainya, misalnya ibunya.
  3. Ia mulai dapat menggulingkan tubuhnya ke samping kanan dan kiri.

Saat ini otaknya berkembang dan mempelajari sesuatu dengan meniru dan mengulang. Untuk melatihnya, Anda dapat meletakkan mainan yang menarik di sebelahnya. Temani dan berikan senyum untuk menyemangati keragu-raguannya.

Bayi Anda juga semakin tertarik untuk meraih sesuatu dan mencoba menggenggamnya. Hati-hati, gerakannya kemudian adalah mencoba memasukkan benda-benda asing itu ke mulut mungilnya.

Si mungil ini juga seringkali berusaha menahan kepala tetap tegak ketika badannya miring. Jika bayi agak malas mengangkat kepala, bujuklah dengan membantu mengangkat kepalanya perlahan atau memanggilnya dengan suara-suara menarik.

Selain tertarik memegang barang, ia juga mulai senang menyentuh kulit orang-orang sekitarnya. Ia mulai menunjukkan rasa sayangnya pada orang-orang terdekat. Buktinya, ia akan mengeluarkan suara-suara tetap untuk orang-orang favoritnya.

Hal yang paling menyenangkan, di bulan inilah pertama kali Anda bisa menikmati tawanya yang tergelak-gelak, semua tubuhnya bergerak dan air wajahnya gembira. Buatlah suasana senang dan hati lega agar ia mudah tertawa.