Pertumbuhan bayi Usia 1-3 Bulan Awan Ukaya

Pertumbuhan bayi Usia 1-3 Bulan

Begitu lahir, bayi memang sudah bisa belajar. Tapi perlu diingat, bayi baru pun butuh waktu untuk dirinya sendiri. Supaya bayi cepat pintar, banyak distimulasi. Sayangnya, banyak yang lupa bahwa bayi baru lahir, seperti juga bundanya, perlu waktu untuk istirahat. Jadi, sebaiknya kita perlu tahu apa yang dibutuhkan bayi baru lahir.

Usia 0-1 Bulan

Apa yang dipelajarinya?
Hal penting yang dipelajarinya pada sebulan pertama kehidupannya adalah kepercayaan pada orang yang mengasuhnya.

Apa yang dapat anda lakukan?
Beri perhatian penuh pada sang buah hati dengan kata-kata yang lembut, sentuhan penuh cinta, serta segera respons jika dia menangis. Perasaan nyaman yang anda berikan, membuatnya mengerti bahwa dia berada pada lingkungan yang aman.

Apa yang perlu diingat?
Sedapat mungkin hindari stimulasi lingkungan yang terlalu banyak, seperti lampu yang terlalu terang, suara yang terlalu ramai, dan sebagainya.

Usia 1-3 Bulan

Apa yang dipelajarinya?
Dia mulai sadar akan keberadaan orang dan benda-benda di sekitarnya. Dia juga mulai mengidentifikasi berbagai suara, serta dari mana asalnya. Hal ini akan ditunjukkan dengan mengarahkan pandangannya ke sumber suara.

Apa yang dapat dilakukan?
Letakkan mainan di seputar atau di atas boksnya. Si kecil akan sangat menikmati gerakan benda-benda tersebut.

Apa yang perlu diingat?
Anda tak perlu beli mainan dengan suara yang riuh rendah, atau dilengkapi dengan berbagai lampu warna-warni, karena kemampuan si kecil untuk menikmatinya masih terbatas. Sekadar saputangan yang digerak-gerakan di depannya saja, sudah bisa membuatnya gembira.

Satu hal yang penting kita ingat. Si kecil juga butuh waktu untuk dirinya sendiri. Disinilah dibutuhkan kepekaan Anda.

Hentikan segera kegiatan Anda berdua, jika tawanya mulai kurang bersemangat. Mungkin, ia bosan atau lelah dan perlu istirahat.

Sesekali, letakkan si kecil dalam boksnya untuk beberapa saat. Setelah itu, Anda dapat mengajaknya bermain kembali.
Istirahat atau bersantai juga dapat dilakukan dengan berbaring berdua. Baringkan dia di sisi Anda. Memandang langit-langit kamar berdua dengan suasana diam, merupakan saat santai yang cukup berharga bagi Anda dan si kecil.

Jadi, kesederhanaan dan sentuhan cinta yang tulus akan sangat berarti bagi buah hati Anda, dari pada hebohnya aneka mainan yang tentu dibutuhkannya pada saat ini. Selamat bersantai bersama sang buah hati.