Permainan Yang Merangsang Kreativitas ( 2 ) Awan Ukaya

Permainan Yang Merangsang Kreativitas ( 2 )

Sobat awanukaya.com artikel kelanjutan dari Permainan Yang Merangsang Kreativitas ini akan segera saya share, sebelumnya buat sobat yang belum baca artikel sebelumnya baca dulu deh artikel sebelumnya KLIK DISINI

Oke langsung saya deh sobat awanukaya.com langsung lanjut

Permainan Yang Merangsang Kreativitas ( 2 )

Sarat Keuntungan

Melalui permainan yang melibatkan krativitas ini, Si kecil mulai mengambangkan kemampuan memecahkan masalah dan keterampilan mengambil keputusan. Dengan melakukan permainan kreatif, pengetahuan si kecil akan konsep pun bertambah. saat menyatukan dua bantal berbentuk bujursangkar, misalnya, si kecil tahu dua benda itu dapat membentuk persegi panjang. Meski, sesungguhnya, ia belum tentu paham betul konsep tersebut. Namun, paling tidak, apa yang diperoleh melalui pengalaman langsung akan lebih mudah diingatnya.

Perkembangan motorik halus anak pun semakin baik. Ketika si kecil menggunting kertas, menempelkan lego, atau mewarnai gambar, semua ini akan merangsang perkembangan motorik halusnya.

Selain itu, kemampuan si kecil membuat sesuatu secara nyata memberikan sumbangan bagi harga diri anak. Ia merasakan bahwa ide dan persepsinya punya arti, kesanggupannya memutuskan pilihan dan memecahkan masalah membuat si kecil bangga. Apalagi jika anda menghargai apa yang telah dilakukannya.

Peran Orang Tua

Meski setiap anak berpotensi melakukan proses kreatif, namun rangsangan orang tua tetap dibutuhkan. Selain menyediakan tempat yang aman untuk bereksplorasi, anda perlu menyediakan sarana-sarana yang mendukung. Misalnya, kertas, krayon, cat air, atau lego. Kemudian, biarkan si kecil melakukan kegiatan tanpa pengarahan berlebihan, kecuali anak meminta bantuan. Arahan yang anda berikan hanya bertujuan memberitahu si kecil, kalau benda atau mainan tertentu dapat digunakan dengan cara yang berbeda.

Saat si kecil melakukan sesuatu Lazim, tak perlu menyela, karena hal ini bisa membuat anak kehilangan kepercayaan untuk melakukannya lagi. Hal ini pun, bukan tidak mungkin, dapat mematikan kreativitasnya bahkan memunculkan perasaan tak berharga. Hindari perkataan, “Ade, Mana ada matahari berwarna biru!” Misalnya karena proses kratif juga bergantung pada pengalaman-pengalaman yang lalu memperkaya pengetahuan anak dengan mengajaknya ke museum atau tempat-tempat pariwisata lain, misalnya, dapat membantunya membuat hal-hal baru yang unik.

Demikian sobat artikel Permainan Yang Merangsang Kreativitas. Selesai sudah semoga bermanfaat untuk anda semuanya ( Ifan21 )