Penyebab terjadinya osteoporosis (bagian 2) Awan Ukaya

Penyebab terjadinya osteoporosis (bagian 2)

Mungkin beberapa dari kalian ada banyak yang kurang puas dengan penjelasan sebelumnya. Namun, jangan khawatir. Karena kini saya akan jelaskan lebih lanjut mengenai penyebab terjadinya osteoporosis. Sehingga, kalian tidak perlu bingung lagi terhadap informasi yang berhubungan dengan penyebab osteoporosis. Yang mana pada artikel sebelumnya, kita memang membahas mengenai resiko osteoporosis terhadap wanita yang lebih besar dari pada pria. Namun, perlu kalian ketahui bahwa sebenarnya tidak semua wanita memiliki resiko yang sama untuk menderita osteoporosis postmenopausal. Selain hal tersebut, ada pula yang membuat seseorang terkena osteoporosis, antara lain seperti:

Terjadinya osteoporosis sekunder. Pada masalah seperti ini, biasanya penyakit tersebut dialami kurang dari 5% penderita osteoporosis yang disebabkan oleh keadaan medis lainnya atau oleh obat-obatan. Namun, penyakit jenis ini biasanya bisa disebabkan oleh adanya riwayat gagal ginjal kronis dan kelainan hormonal termasuk tiroid, paratiroid dan adrenal. Selain itu, adanya keseingan dalam mengkonsumsi obat-obatan seperti kortikosteroid, barbiturat, anti-kejang dan hormon tiroid yang berlebihan. Tidak hanya itu saja, pemakaian alkohol yang berlebihan dan merokok-pun juga bisa memperburuk keadaan ini.

Kemudian, hal lain yang membuat osteoporosis adalah seperti yang dialami pada penderita osteoporosis juvenil idiopatik. Jenis osteoporosis ini merupakan jenis osteoporosis yang belum diketahui penyebabnya. Buruknya lagi adalah, osteoporosis jenis ini seringkali terjadi pada anak-anak dan dewasa muda yang memiliki kadar dan fungsi hormon yang normal, kadar vitamin yang normal dan tidak memiliki penyebab yang jelas dari rapuhnya tulang. Sehingga, hal ini membuat beberapa orang menjadi bingung bagaimana mengatasinya. Untuk itulah biasakan hidup sehat sejak dini. Semoga bermanfaat!