Penyebab kebotakan Awan Ukaya

Penyebab kebotakan

Berikut adalah hal-hal yang menyebabkan kebotakan pada kita:

  • Stres
    Kondisi ini bisa menimpa siapa saja, tekanan kerja ataupun masalah rumah tangga dapat memicu timbulnya stres. Jika tidak ditangani dengan segera, maka akan dapat memicu kerontokan rambut bahkan kebotakan. Hal ini dipicu karena adanya ketidak seimbangan hormonal dalam tubuh, terlebih hormon pertumbuhan dal;am tubuh, sehingga dapat menghalangi terjadinya regenerasi sel baru dalam folikel rambut. Terutama pada pria, hormon pria memiliki hormon androgen berlebih, misalnya tesosteron. Hormon ini jika pecah akan menjadi dihydrotestosteron (DHT), jika hormon DHT ini berlebihan maka akan memicu penipisan pada rambut dan menyebabkan kerontokan bahkan kebotakan.
  • Usia
    Bertambahnya usia juga membawa perubahan pada tubuh. Umumnya usia 50 tahun keatas, folikel rambut tidak lagi efektif hingga pertumbuhan rambut menjadi lebih lambat. Bedanya pada wanita, minyak yang ada dikulit kepala akan tetap diedarkan hingga keujung helai rambut sehingga bisa tetap tumbuh, sedangkan pada pria minyak ini justru menumpuk pada pangkal rambut hingga menutup pori kepala. Akibatnya rambut yang rontok tidak lagi bisa tumbuh karena terhalang.
  • Penyakit
    Penyakit seperti diabetes (kencing manis). lupus, kanker dan beberapa penyakit autoimune serta terapi radiasi atau kemoterapi, bisa menyebabkan kerontokan rambut sementara bahkan permanen. 
  • Bahan Kimia
    Berbagai shampo yang beredar di pasaran banyak yang menawarkan untuk kesehatan dan keindahan rambut anda juga dapat menyebabkan sebaliknya yaitu kerontokan dan kebotakan, Jika shampo yang anda gunakan tidak sesuai atau terlalu keras untuk kulit kepala anda, menyebabkan rasa panas, gatal, ketombean, juga dapat memicu mempercepat kerusakan pada rambut anda, atau jika anda sering memakai produk shampo berganti-ganti jenis/merk, juga dapat memicu kerontokan atau bahkan kebotakan pada rambut anda. Perlu kita ketahui, pertumbuhan rambut hanya berkisar satu centimeter setiap bulan, dan butuh tiga bulan untuk mengetahui mulainya kerontokan rambut anda. Selain menggunakan zat kimia, anda juga bisa mengatasi masalah kerontokan rambut dengan bahan-bahan alami, yaitu dengan makanan yang sehat, suplemen yang dapat mencegah kerontokan pada rambut.