Obat steroid ternyata aman untuk bayi Awan Ukaya

Obat steroid ternyata aman untuk bayi

Penggunaan obat steroid seperti Dexamethasone, dalam mencegah terjadi gangguan pernafasan pada janin yang masih ada dalam kandungan, ternyata tidak berbahaya seperti yang dikhawatirkan selama ini.

Selama ini para dokter khawatir akan pengaruh buruk jangka panjang yang dapat terjadi pada kesehatan anak di kemudian hari, akibat penggunaan obat steroid. Tapi dari hasil penelitian terbaru dari para ahli di Selandia baru membuktikan, bahwa satu dosis steroid aman untuk digunakan.

Penelitian ini untuk mengkaji penelitian sebelumnya yang menimbulkan kekhawatiran akan terjadinya gangguan perkembangan otak dan jantung bayi akibat penggunaan steroid. Sedang steroid merupakan obat satu-satunya yang efektif dalam mencegah terjadinya kerusakan paru pada anak.

Gelembung-gelembung udara di paru-paru secara normal dilapisi oleh cairan yang disebut dengan surfaktan. Cairan ini berfungsi agar gelembung udara dapat mengembang dan mengempis dengan baik saat bernafas, dan mencegah tidak terjadi perlekatan saat mengempis.

Pada bayi prematur, sering terjadi kekurangan dari cairan surfaktan ini. Oleh karena itu, steroid diberikan untuk menstimulasi sel yang terdapat pada jalan nafas janin untuk memproduksi cairan tersebut, sehingga bayi dapat bernafas secara normal pada saat dia dilahirkan.

Penelitian ini dilakukan dengan memberikan steroid pada domba yang sedang dalam kehamilan usia 97-99 hari, yang sebanding dengan usia kehamilan 32 minggu pada manusia. Dengan pemberian steroid ini, hanya ditemukan peningkatan tekanan darah dalam jangka singkat, dan tidak ditemukan akibat pada otak.

Saat ini, para peneliti masih meneruskan penelitian ini lebih jauh, untuk memastikan bahwa pemberian steroid benar-benar tidak menyebabkan masalah kesehatan pada anak di kemudian harinya.

Sumber: British Journal of Obstetrics and Gynaecology