Merawat gigi bayi / balita Awan Ukaya

Merawat gigi bayi / balita

Berikut tips untuk anda dalam mengajari anak sikat gigi:

Usia 1-1,5 bulan

Anda sudah bisa mulai mengajarkan gosok gigi dengan sikat gigi khusus untuk anak-anak. Atau, anda juga bisa menggunakan sikat gigi lembut yang dapat disarungkan pada jari anda. Berikut caranya:

  1. Sikat gigi si kecil tanpa menggunakan pasta gigi atau odol, untuk mencegah kemungkinan menelan terlalu banyak fluoride ( F) yang terkandung di dalam pasta gigi.
  2. Sikat gigi si kecil dengan gerakan memutar.
  3. Bilas dengan memberikan air putih matang yang bersih.
  4. Untuk membiasakan gosok gigi di usia ini, awalnya anda bisa membiasakan si kecil melihat anda menggosok gigi. Kemudian, biarkan dia memegang sendiri sikat giginya dan bermain sambil meniru gerakan gosok gigi.

Usia 1,5-2 tahun

Pada usia ini, si kecil biasanya sudah mulai mampu memegang sikat gigi dan berumur. Jadi, kini si kecil sudah bisa diajari  gosok gigi menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sebesar biji jagung. Pesankan  kepada si kecil untuk tidak menelan pasta gigi, walau rasanya enak, agar dia dia tidak kelebihan flour. Ajari si kecil gosok gigi sendiri :

  1. Anda dan si kecil berdiri di depan cermin. Dari belakang, pegang tangan si kecil dan arahkan sikat giginya ke gigi yang akan disikat. Suruhlah dia menirukan cara anda memegang sikat serta cara anda menggerakkan sikat untuk membersihkan gigi.
  2. Berilah dia kesempatan untuk belajar menyikat gigi sendiri, sekali pun belum benar caranya.
  3. Setelah selesai, suruhlah dia berkumur dengan air putih matang yang bersih beberapa kali.

Usia lebih dari 2 tahun

Mulai usia 2 tahun, anda dapat mulai mengajarkan si kecil menggosok gigi dengan metode schrob. Yakni, suatu metode menggosok gigi yang mudah  dan sederhana untuk balita. Caranya:

  1. Gosok gigi depan bagian atas dan bawah dengan arah ke samping kanan dan kiri.
  2. Kemudian, seluruh gigi bagian samping, dan seluruh gigi bagian belakang.
  3. Kumurlah dengan air bersih beberapa kali.