Merawat anak / bayi bila demam Awan Ukaya

Merawat anak / bayi bila demam

Anda bisa mencegah tips dibawah ini bila anak anda terserang demam agar tidak menjadi lebih parah :

  1. Bayi yang berusia 3 bulan atau kurang memerlukan perawatan medis secepatnya. Karena demam dapat menyebabkannya kekurangan cairan (dehidrasi). Jangan memberikan air putih pada si kecil yang berusia 6 bulan ke bawah, tanpa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.
  2. Umumnya, si kecil boleh makan apapun yang dia inginkan, tapi jangan memaksanya untuk makan bila dia tidak mau. Berikan makanan sedikit tapi dengan frekuensi yang lebih sering. Bila si kecil juga mengalami diare, batasi buah dan makanan manis lainnya.
  3. Berikan cairan yang lebih karena demam menyebabkan banyak cairan tubuh yang hilang, terutama pada anak-anak. Minuman yang mengandung kafein, kola dan teh sebaiknya tidak diberikan karena akan meningkatkan cairan yang keluar melalui air seni.
  4. Bila si kecil selain demam, juga terdapat muntah dan atau diare, berikanlah cairan elektrolit agar tubuhnya tidak mengalami dehidrasi.
  5. Saat si kecil demam, sebaiknya jangan bersekolah. Si kecil dapat sekolah lagi jika suhu tubuhnya sudah normal selama 24 jam.
  6. Berikan pakaian yang tidak terlalu tebal, demikian juga dengan selimut. Pakaian atau selimut yang tebal dapat memperburuk demamnya.
  7. Bila si kecil memerlukan obat penurun panas, dapat diberikan golongan Asetaminofen (parasetamol) atau Ibuprofen. Jangan berikan obat golongan Asetil Salisilat (aspirin) untuk anak dibawah usia 12 tahun. Tapi sebelumnya konsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter Anda.
  8. Bila Anda ingin mengompres si kecil, gunakan air dengan panas suam-suam kuku. Jangan gunakan air dingin karena dapat menyebabkan si kecil menggigil, karena suhu tubuhnya yang semakin meningkat. Dan jangan gunakan alkohol karena dapat menyebabkan alergi.