Mengapa Botol Susu Bisa Menjadi Penyebab Diare ? Awan Ukaya

Mengapa Botol Susu Bisa Menjadi Penyebab Diare ?

Kebersihan botol susu, seringkali luput dari perhatian kita. Padahal, kebersihan botol harus senantiasa dijaga. Jika tidak, bayi sangat mungkin terserang diare atau gangguan pencernaan lain.

Botol susu yang tidak bersih akan menimbulkan banyak masalah bagi kesehatan bayi, mengingat daya tahan tubuh bayi umumnya masih rendah. sebab, susu adalah media yang ideal bagi berkembangbiaknya bakteri. seperti yang kita ketahui, bakteri atau kuman penyakit sangat cepat berkembang biak di tempat-tempat lembab, tidak bersih, atau di sisa-sisa makanan.

Umumnya sisa susu yang melekat di bagian dalam botol susu sulit dibersihkan. karena itu. kadangkala kita memerlukan sikat khusus untuk membersihkan botol susu, terutama untuk mengangkat sisa-sisa susu dari bagian-bagian yang sulit dijangkau.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah, sterilkan botol susu dengan suhu 100-200 derajat Celcius agar benar-benar bebas dari bakteri karena membersihkan botol susu dengan air saja seringkali tidak cukup.

Bagaimana Memilih Botol Susu Yang Baik ?

Untuk memilih botol susu yang ideal, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan. Pertama, pilih botol susu yang tidak mempunyai lekukan atau ulir di bagian dalamnya, sehingga sewaktu membersihkan dapat dilakukan dengan lebih mudah. Kedua, pilih botol susu yang memungkinkan untuk disteriliasasi pada suhu 100-120 derajat Celcius, agar botol susu benar-benar bebas bakteri. Ketiga, pilih botol susu yang tahan banting dan anti pecah, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan saat memberi makan bayi atau minum susu.

Nah Sedikit sobat awanukaya.com mengenai Mengapa Botol Susu Bisa Menjadi Penyebab Diare ? semoga saja bermanfaat buat semuanya ( Ifan21 )