Mengajari anak menggosok gigi Awan Ukaya

Mengajari anak menggosok gigi

Kebiasaan merawat gigi harus dikenalkan sejak bayi. Ajarkan anak anda Cara menggosok gusinya dengan kapas atau kain kasa yang dicelupkan ke dalam air hangat.
Bila anak sudah agak besar, bantulah ia untuk memulai cara menggosok gigi. Caranya, hadapkan si Kecil ke depan cermin dan ajarkan ia memegang sikat gigi dan menggosok giginya dengan benar. Pada awalnya, Anda dapat melakukan gerakan menyikat gigi bersama-sama, agar anak dapat menirukan gerakan Anda. Berikan sikat gigi khusus untuk anak-anak dengan bulu sikat yang lembut.

Gunakan pula pasta gigi khusus untuk anak-anak yang mempunyai aneka rasa buah. Ajarkan ia agar sikat gigi dapat mencapai semua permukaan gigi sehingga giginya bersih, sehingga sisa-sisa makan-an tidak menetap dan merusak gigi.

Awal tumbuh gigi merupakan peristiwa penting dalam proses tumbuh kembang si Kecil. Ia kini bisa mengunyah makanan dengan giginya. Tapi, kita harus mengetahui bagaimana cara merawat gigi yang benar agar gigi si Kecil dapat tumbuh sehat dan kuat.

Walaupun masih gigi susu, perawatan gigi sejak dini sudah harus mendapat perhatian serius. Sebab, kondisi gigi susu akan me-nentukan pertumbuhan gigi tetap si anak kelak. Kalau gigi susu si Kecil sehat dan terawat, pertumbuhan gigi tetapnya akan sehat pula.
Selain itu, merawat gigi sejak dini akan menghambat proses kerusakan gigi, seperti misalnya gigi berlubang, keropos, pembengkakan pada gusi. Biasakanlah kontrol ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.