Mencegah osteoporosis Awan Ukaya

Mencegah osteoporosis

Pada dasarnya, cara mencegah osteoporosis adalah mencegah kehilangan sel tulang dengan makanan yang cukup, kebiasaan yang sehat dan olahraga yang tepat.

Pencegahan dapat mengurangi atau menghentikan sama sekali kehilangan sel tulang. Semakin cepat melakukan langkah pencegahan, semakin baik hasilnya. Jadi, jika anda masuk kategori orang bersiko tinggi terkena osteoporosis, saatnyalah untuk melakukan tindakan pencegahan, sebelum anda mengalami patah tulang.

Langkah pencegahan osteoporosis adalah memperhatikan makanan anda, cukup olahraga, dan mempertimbangkan penggunaan obat-obatan yang cocok.

Salah satu cara terpenting untuk mencegah osteoporosis adalah konsumsi kalsium yang cukup. Berikut disajikan dosis kalsium yang diperlukan oleh tubuh menurut kelompok umur :

* Anak-anak, umur 1-10 tahun : 800 mg kalsium/hari
* Remaja, umur 11-18 tahun : 1.200 mg kalsium/hari
* Remaja yang hamil : 1.600 mg kalsium/hari
* Wanita hamil, umur 19 tahun ke atas : 1.200 mg kalsium/hari
* Wanita menyusui : 1.200 mg kalsium/hari
* Laki-laki dewasa, di bawah 65 tahun : 1.000 mg kalsium/hari
* Laki-laki dewasa, d iatas 65 tahun : 1.500 mg kalsium/hari
* Perempuan dewasa, sebelum menopause: 1.200 mg kalsium/hari
* Perempuan dewasa, sebelum setelah : 1.500 mg kalsium/hari

Salah satu fungsi vitamin D adalah membantu penyerapan kalsium dari usus. Sebagian penderita osteoporosis mempunyai kadar vitamin D yang rendah di tubuhnya sehingga absorbsi kalsium dari usus juga kurang. Vitamin D dibentuk di dalam tubuh dengan bantuan paparan sinar matahari atau didapatkan langsung dari makanan.
Dosis harian vitamin d adalah 400 IU. Dosis ini dapat ditingkatkan hingga 800 IU, terutama jika anda tidak cukup mendapat vitamin D dari makanan atau kurang terpapar sinar matahari. Tapi ingat, jangan mengkonsumsi lebih dari angka ini, kecuali dokter anda menganjurkannya.

sumber: wartamedika.com