Membantu anak mengerjakan tugas pr / pekerjaan rumah Awan Ukaya

Membantu anak mengerjakan tugas pr / pekerjaan rumah

Saat anak masih kecil tentu masih merasa bahwa pekerjaan pr yang diberikan oleh guru disekolah tidak lah begitu penting (kadang anak yang sudah menginjak usia smp / sma pun bisa saja sering mengacuhkan pr nya). Namun anda bisa melatih mereka agar anak anda punya kesadaran yang tinggi untuk menyelesaikan pekerjaan rumah yang diberikan dari sekolah. Lalu bagaimana caranya?. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Guru adalah pengganti orang tua di sekolah. Karena itu, berbicaralah dengan guru atau wali kelas anak Anda bagaimana sebaiknya Anda membantu anak dengan tugas sekolahnya.
  2. Ciptakan suasana di rumah yang mendukung anak untuk mengerjakan tugas sekolahnya. Pastikan tempatnya belajar di rumah mempunyai cukup penerangan. Sediakan alat-alat tulis yang sekiranya diperlukan di tempat belajar anak tersebut.
  3. Jadwalkan waktu belajar yang teratur. Ada anak yang suka belajar sore hari, tapi ada pula anak yang lebih suka belajar malam hari setelah makan malam. Biarkan anak memilih sendiri waktu yang tepat baginya untuk belajar selama pilihan waktunya tersebut masih dalam batas yang wajar.
  4. Hindarkan semua hal-hal yang dapat mengganggu anak belajar. Jauhkan anak dari televisi, musik bersuara keras dan telepon selama waktu belajarnya.
  5. Pastikan anak Anda mengerjakan sendiri tugas sekolahnya. Anak-anak tidak akan pernah belajar dengan baik jika mereka tidak dibiasakan untuk berpikir sendiri dan biarkan mereka belajar untuk membuat kesalahan. Namun, orang tua dapat memberi sedikit bantuan bila anak mengalami kesulitan dengan tugas sekolahnya. Bantulah anak dengan memberi petunjuk-petunjuk kecil bukan dengan mengerjakan tugasnya.
  6. Perhatikanlah kegiatan akademik anak. Tanyakan kepadanya tentang tugas, ujian, atau hal-hal penting lain di sekolahnya. Ini akan membuat anak senang. Beritahukan kepada anak bahwa Anda akan selalu siap membantunya bila ia menemui kesulitan.
  7. Berikan teladan yang baik. Apakah anak Anda sering melihat Anda membaca koran, menulis surat atau membaca buku? Anak-anak cenderung untuk menirukan perbuatan orang tuanya daripada mengikuti nasihat orang tuanya.
  8. Berikan pujian kepada anak atas usahanya untuk menyelesaikan tugasnya. Hargai usahanya tersebut, misalnya dengan menempelkan hasil ulangannya atau karya keterampilannya di pintu lemari es. Anda dapat menyampaikan keberhasilannya dalam bidang tertentu kepada kerabat-kerabat Anda.

Bila anak Anda mempunyai masalah terus menerus dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya, anda bisa berkonsultasi kepada guru nya. Apakah ia tidak bisa memahami tulisan dipapan karena ia duduk terlalu jauh atau karena ia sering bermain-main dengan temannya saat guru menerangkan dsb.