Masa pertumbuhan bayi 3 tahun Awan Ukaya

Masa pertumbuhan bayi 3 tahun

Saat bayi usia 3 tahun, ia akan memperlihatkan pola tidur dan waktu tidur yang berbeda. Dengan bertambahnya usia, waktu tidurnya-pun juga akan berkurang bila dibandingkan pada saat si kecil masih bayi.

Usia Pra-sekolah
Si kecil memerlukan tidur sekitar 12 jam-an. Tapi ini bukan patokan yang tetap untuk setiap anak. Bila si kecil sudah mempunyai waktu tidur yang cukup di malam hari, mungkin dia tidak memerlukan tidur siang lagi. Si kecil paling hanya memerlukan waktu untuk berbaring dengan tenang di tempat tidurnya.

Usia Sekolah
Saat usianya menginjak 6 tahun, si kecil memerlukan sekitar 11-12 jam untuk tidur. Si kecil kadang memerlukan waktu khusus dengan orangtua, tanpa adanya saudara-saudaranya, terutama di saat sebelum tidur. Si kecil memerlukan waktu untuk bercerita tentang apa yang yang dialaminya di sekolah atau dengan teman-temannya. Ini juga dapat membantunya untuk tertidur.

Semakin usia bertambah, biasanya waktu tidur juga akan semakin berkurang. Pada usia sekitar 12 tahun, si kecil hanya memerlukan 10 jam waktu untuk tidur. Tapi ini juga tergantung dari kualitas dan kecukupan si kecil akan waktu tidur.

Setiap orang tua mungkin memerlukan cara berbeda bagi tiap-tiap anak agar mereka mau tidur. Perhatikan dan pelajari apa yang membuat si kecil dapat tertidur. Dengan membangun kebiasaan tidur yang sehat bagi si kecil, akan membuatnya tetap melakukan kebiasaan tersebut sepanjang hidupnya.