Manfaat choline untuk ibu hamil Awan Ukaya

Manfaat choline untuk ibu hamil

Choline sebagai komponen penting dalam sel mengambil peran penting untuk mendukung daya ingat (memori) janin hingga lahir, dan tumbuh menjadi manusia dewasa. Choline inilah yang membantu perkembangan memori sejak dalam kandungan, proses reproduksi dan perkembangan janin, kesehatan hati, jantung, dan memperbaiki memori. Choline sudah dipakai oleh para marketer susu minuman suplemen yang biasanya diperuntukkan untuk ibu hamil
Defisiensi choline dapat menyebabkan gangguan fungsi ginjal, infertilitas, pertumbuhan tulang tidak normal, terganggunya memori, neurologik, jantung dan kandung empedu.

Bagi bayi yang baru lahir, choline dibutuhkan untuk pertumbuhan sel-sel otak yang berlangsung sangat cepat serta organ-organ tubuh lainnya. Dalam hal ini choline berperan untuk mempercepat sintesis dan pelepasan acetil-choline (neurotransmitter yang berperan dalam penyimpanan memori, berpikir, berbicara, gerakan sadar, dan rangsang sensorik).

Choline merupakan bahan dasar fosfolipid esensial membran sel, termasuk sel otak. Di sini choline berperan sebagai penyampai sinyal dari luar ke dalam sel. Dalam otak choline merupakan bahan pembentuk sphyngomyelin yang dibutuhkan untuk myelinasi otak janin.

Secara alami, janin memperoleh choline dari ibunya yang sedang mengandung, dan menyusui. Melihat perannya yang begitu penting, kini choline menjadi salah satu pelengkap gizi susu formula. Dalam makanan choline terdapat dalam kuning telur dan daging dengan jumlah tinggi, sedangkan dalam padi-padian, buah dan sayur berada dalam jumlah kecil.

Sumber: Buletin Info-sehat edisi XVI