Manfaat buah semangka Awan Ukaya

Manfaat buah semangka

Buah yang mengandung kadar air tinggi ini, selain enak untuk dimakan sebagai pencuci mulut yang segar atau diminum dalam bentuk jus, ternyata juga berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Semangka, atau nama latinnya Citrullus vulgaris Schard,  adalah sejenis tanaman merambat. Buah yang berbentuk bola ini besarnya bisa seukuran kepala manusia. Warnanya hijau dengan garis putih. Daging buahnya umumnya berwarna merah, berair dan berbiji, tetapi ada juga yang berwarna kuning. Namun bagian yang terpenting dan banyak mengandung nutrisi adalah bagian hijau dekat kulit. Yang jelas, karena rasanya yang manis dan segar, hampir semua orang suka dengan buah yang satu ini.

Daging buahnya sendiri rendah kalori dan mengandung air, protein, karbohidrat, lemak, serat, abu, vitamin (A, B, dan C), asam amino, sirulin, asam aminoasetat, asam malat, asam fosfat, arginin, betain, likopen, karoten, bromine, natrium, kalim, silvit, lisin, fruktosa, dekstrosa, dan sukrosa. Sitrulin dan arginin berperan dalam pembentukan urea di hati dari amonia dan CO2 sehingga keluarnya urin meningkat. Kandungan kaliumnya cukup tinggi, dapat membantu kerja jantung dan menormalkan tekanan darah.

Salah satu khasiat buah semangka yang mungkin sangat berguna adalah sebagai antikanker. Ini karena adanya kandungan likopen dalam semangka, yang mampu menangkal radikal bebas dan menumpas bibit kanker dalam tubuh. Jadi, banyak-banyakan makan buah ini setiap hari pun tak masalah. Justru dengan mengkonsumsinya, resiko kanker mulut rahim dan kanker pankreas pada wanita terbukti berkurang. Terhadap kanker pencernaan, likopen dalam buah semangka mampu mencegah hingga resikonya berkurang separuh. Seperti kanker rongga mulut, kanker kerongkongan, kanker lambung, kanker usus besar, hingga kanker anus. Begitu pula dengan kanker prostat.

Selain untuk kanker, zat likopen berguna untuk membuat wajah tampak bercahaya, segar, dan lebih muda.

Beberapa manfaat buah semangka lainnya, di antaranya:

1. Menurunkan demam dan mencegah sariawan

2. Mendinginkan / menyejukkan tubuh saat cuaca panas, peluruh kencing (diuretic), anti radang, pelumas usu, dan menghilangkan haus

3. Obat ‘summer heat‘ (gejala penyakit yang ditandai dengan banyak keringat, rasa haus, suhu tubuh meningkat, warna urin jernih, diare, dan mudah marah) pada pengobatan tradisional Cina,

4. Bagi pria: meningkatkan kesuburan dan membantu membangkitkan gairah seksual pria

5. Bagi lansia: memulihkan gangguan kesehatan lebih cepat dan meningkatkan kemampuan mental dan ketajaman daya ingat