Manfaat buah jeruk nipis Awan Ukaya

Manfaat buah jeruk nipis

 

Jeruk nipis atau limau nipis adalah tumbuhan perdu yang menghasilkan buah dengan nama sama. Tumbuhan ini dimanfaatkan buahnya, yang biasanya bulat, berwarna hijau atau kuning, memiliki diameter 3-6 cm, memiliki rasa asam dan agak pahit, agak serupa rasanya dengan lemon. Selain digunakan sebagai penyedap makanan, buah yang kaya akan vitamin C ini juga berkhasiat untuk kecantikan dan kesehatan tubuh. Diantaranya adalah untuk menyembuhkan ambeien, amandel, anyang-anyangan, batuk dan influenza, batu ginjal, demam, radang tenggorokan, tekanan darah tinggi, membuat kuku cemerlang, menyehatkan rambut, dan menghilangkan ketombe.

Beberapa macam resep tradisional penyembuhan penyakit dengan memanfaatkan buah jeruk nipis di antaranya:

  • Difteri. Caranya, ambil 2 buah jeruk nipis, ambil airnya, lalu seduh dengan 1/2 cangkir air hangat. Tambahkan sedikit garam. Gunakan untuk berkumur lalu minum satu kali sejam masing-masing dua sendok makan.
  • Batuk. Caranya, ambil jeruk nipis yang sudah tua, belah jadi 2 bagian, lalu permukaan yang diiris diolesi kapur sampai rata. Panggang jeruk hingga layu, lalu dalam keadaan panas, peras airnya. Minum 2 kali sehari pada pagi dan sore.
  • Haid tidak teratur. Caranya, ambil 3 sendom makan air jeruk nipis, seduh dengan 1 gelas air panas. Tambahkan madu, lalu minum 3 kali sehari.
  • Sengatan lebah / tawon. Caranya, ambil 1 buah jeruk nipis, belah jadi dua, lalu gosokkan pada bagian yang tersengat hingga rasa sakit reda. Bersihkan dengan air.
  • Susah tidur / insomnia. Caranya, ambil bunga jeruk nipis 1/2 genggam, gula, dan daun teh, lalu seduh dengan air panas. Minum selagi hangat.