Jadwal anak Imunisasi DPT – Campak – Polio Awan Ukaya

Jadwal anak Imunisasi DPT – Campak – Polio

Kali ini kita akan membahas imunisasi DPT – Campak – Polio. Semua imunisasi ini merupakan imunisasi yang wajib diberikan untuk si kecil.

DPT

Merupakan vaksin untuk penyakit Difteri, Pertusis dan Tetanus, diberikan sebanyak 6 kali yaitu pada saat si kecil berusia 2, 4, 6, 18 bulan serta 5 dan 12 tahun.

  1. DPT-1 diberikan pada saat si kecil berusia 2 bulan, minimal usianya sudah 6 minggu. Dapat digabung dengan pemberian vaksin Hib-1.
  2. DPT-2, saat si kecil berusia 4 bulan, dapat diberikan terpisah atau digabung dengan vaksin Hib-2.
  3. DPT-3, demikian juga halnya, pada saat usia si kecil 6 bulan.
  4. DPT-4, diberikan pada saat usia 18 bulan, atau setahun setelah DPT-3.
  5. DPT-5, diberikan pada saat usianya sudah 5 tahun. DPT-6, diberikan saat si kecil usia 12 tahun atau sudah kelas 6 SD, biasanya diberikan hanya dT atau TT, bukan DPT lagi.

Campak

Diberikan pada saat si kecil berusia 9 bulan dan 6 tahun. Vaksin Campak-1 diberikan pada usia si kecil sudah 9 bulan. Sedang vaksin Campak-2 diberikan saat si kecil berusia 6 tahun atau sudah masuk kelas 1 SD, merupakan program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Tapi bila si kecil sudah mendapat vaksin MMR pada saat usianya 15 bulan, maka vaksin Campak-2 tidak perlu diberikan lagi.

Polio

Diberikan enam kali, yaitu pada saat si kecil lahir, usia 2, 4, 6, 18 bulan dan usia 5 tahun:

  1. Polio-0, Vaksin polio yang pertama, diberikan di rumah sakit atau rumah bersalin, pada saat bayi dipulangkan. Atau bila tidak diberikan pada saat kunjungan pertama saat si kecil memeriksakan diri.
  2. Polio-1, vaksin Polio yang kedua, diberikan pada saat si kecil berusia 2 bulan, dapat diberikan bersamaan dengan DPT-1.
  3. Polio-2, vaksin Polio ketiga, diberikan pada saat usia si kecil sudah 4 bulan, dan dapat diberikan bersamaan dengan DPT-2.
  4. Polio-3, vaksin Polio ke-empat, dapat diberikan bersamaan dengan DPT-3, pada saat si kecil berusia 6 bulan.
  5. Polio-4, vaksin Polio kelima, diberikan pada saat usia 18 bulan, dan dapat bersamaan dengan pemberian vaksin DPT-4.
  6. Polio-5, vaksin polio yang terakhir (diberikan pada saat si kecil sudah 5 tahun dan dapat bersamaan dengan vaksin DPT-5.