Gigi dapat menghambat pertumbuhan anak Awan Ukaya

Gigi dapat menghambat pertumbuhan anak

Pertumbuhan gigi dimulai dengan tumbuhnya dua gigi seri rahang bawah pada saat bayi berusia 6-9 bulan disusul dengan gigi seri rahang atas. Pada usia 7-10 bulan tumbuh dua gigi seri depan kedua (di samping gigi seri pertama) rahang atas maupun bawah. Lalu, satu gigi geraham depan tumbuh pada usia 16-20 bulan. Gigi taring juga mulai muncul pada usia yang sama. Gigi geraham kedua tumbuh pada usia 23-30 bulan. Biasanya anak akan punya gigi susu yang lengkap (berjumlah 20) pada usia 3 tahun. Satu per satu gigi susu itu kemudian akan tanggal dan digantikan dengan gigi permanen yang jumlahnya 32 buah, yang dimulai saat anak berusia 5-6 tahun sampai gigi geraham bungsu muncul pada usia 19-22 tahun.

Mulai tumbuhnya gigi merupakan proses penting dari pertumbuhan seorang anak. Orang tua harus mengetahui cara merawat gigi anaknya dan juga harus mengajari anaknya bagaimana cara merawat gigi yang baik. Merawat gigi sejak dini akan menghindari proses kerusakan gigi, seperti gigi berlubang, keropos, dan pembengkakan pada gusi. Anak juga harus dibiasakan untuk periksa secara rutin ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.

Kebiasaan merawat gigi dapat dimulai sejak bayi, yaitu dengan menggunakan kain kasa atau kapas yang dihangatkan, kemudian digosokkan pada gusi bayi. Bila anak sudah agak besar, orang tua harus membantu untuk memulai rutinitas menggosok gigi. Selain itu, orang tua juga harus memperhatikan pola makan anaknya yang mungkin dapat merusak gigi dan mengakibatkan timbulnya gangguan, misalnya gigi berlubang, gigi tanggal sebelum waktunya, gangguan pada ukuran, bentuk, maupun jumlah gigi. Untuk mencegah hal itu, anak bisa diberikan makanan yang berserat, seperti sayur dan buah karena membutuhkan proses pengunyahan yang berulang-ulang.