Gejala muntah darah Awan Ukaya

Gejala muntah darah

Gejala muntah darah adalah salah satu komplikasi bila kerusakan hati sudah meluas. Karena jaringan hati berubah, darah yanga mengalir memasuki hati mengalami hambatan.
Darah yang menuju ke hati berasal dari usus selain limpa. Bila di hati darah tidak bisa mengalir lancar karena pembuluh darah sudah mnegalami perubahan sehubungan dengan kerusakan hati, darah terbendung pada seluruh saluran yang menuju dan keluar dari hati.

Organ hati paling tangguh beradaptasi dengan kerusakan yang dialami. Oleh sebab itu sebelum sebagian besar organ mengalami kerusakan, keluhan belum terasa dan gejalanyapun tidak jelas. Sebagian besar pasien tidak merasakan keluhan berarti sehubungan dengan organ hatinya yang seolah mendadak rusak. Ada yang merasa mual-mual seperti sakit maag, kadang saja ada rasa tidak enak di perut kanan atas seperti perasaan mengganjal.

Yang lebih mengherankan tidak ada petunjuk nyata kalau sebetulnya sejak bertahun-tahun lalu, mungkin lebih dari 10 tahun, hati sudah tidak normal. Semua orang kadang menyalahkan mengapa hati sampai rusak begitu, tidak cepat disadari. Sudah sampai muntah darah, baru tahu kalau ada yang tidak beres.

Dan memang seperti itu kondisi kebanyakan orang yang mengalami kerusakan hati.Selagi masih ringan dan baru tahap permulaan tidak ada keluhan, apalagi gejala nyata. Mungkin mirip sakit maag. Keluhan maag biasanya diabaikan karena dianggap enteng.
Oleh karena itu segeralah lakukan pengobatan lebih lanjut kepada dokter spesialis tentang penyakit ini.