DHA sehatkan mata anak Awan Ukaya

DHA sehatkan mata anak

DHA atau Docosahexaenoic Acid merupakan asam lemak omega-3 yang kini mulai banyak digunakan dalam susu formula, makanan padat bayi maupun dalam suplemen khusus. Dan dari penelitian di Dallas, Amerika, membuktikan bahwa DHA dalam makanan padat bayi ternyata mempercepat perkembangan visual bayi.

Penelitian klinis dilakukan pada sekitar 50 bayi yang menggunakan ASI dan mendapat suplemen DHA dari makanan padatnya. Sang bayi yang berusia 6 bulan, dipilih secara acak untuk mendapat satu botol (113 gram) makanan bayi yang mengandung kuning telur yang telah diperkaya dengan DHA 115 gram DHA dalam 100 gram makanan) setiap harinya. Sedangkan kelompok bayi sisanya, tidak mendapat DHA, dipakai sebagai kontrol.

Kedua kelompok bayi ini tetap mendapat ASI dan kadar DHA dalam darah diukur sejak bayi berusia 6 hingga 12 bulan. Ternyata pada kelompok bayi kontrol, terjadi penurunan kadar DHA darah secara bermakna yaitu dari 3,8 menjadi 3,0 gram per 100 total asam lemak. Sedang pada kelompok DHA, terjadi peningkatan sebesar 34% dari 4,1 menjadi 5,5 gram per 100 gram.

Perkembangan dari retina dan korteks visual, diukur dengan menggunakan alat yang yang disebut ketajaman VEP (Visual-Evoked Potential). Dan hasilnya, perkembangan visual ini berkorelasi dengan kadar DHA dalam darah, yang mana penting dalam tahun pertama kehidupan anak pada perkembangan otaknya.

Sebelumnya juga telah diteliti, bahwa ibu yang mengkonsumsi suplemen tambahan DHA pada 4 bulan pertama menyusui, akan membuat si kecil memberikan hasil yang lebih dalam tes perhatian, dibanding dengan anak dari ibu yang tidak mengkonsumsi suplemen DHA.

Sumber: Journal of Nutrition