Cuci Tangan Pakai sabun Cegah Diare pada Balita Awan Ukaya

Cuci Tangan Pakai sabun Cegah Diare pada Balita

Mencuci tangan pakai sabun merupakan aktivitas yang selama ini dianggap biasa-biasa saja oleh kebanyakan orang. Namun, akhir-akhir ini mungkin kita banyak melihat iklan-iklan di televisi yang menggalakkan budidaya mencuci tangan pakai sabun. Hal ini karena banyak sekali manfaatnya. Banyak yang tidak tahu bahwa mencuci tangan pakai sabun sebenarnya sangat besar manfaatnya dan jangan lalai melakukannya pada saat-saat yang menentukan. Hasil studi di Department of Infectious and Tropical Diseases, London School of Hygiene and Tropical Medicine pada tahun 2003 membuktikan bahwa mencuci tangan pakai sabun dapat mengurangi kasus penyakit diare yang merupakan penyebab terbesar kematian balita di banyak negara. Balita memang rentan terhadap diare disebabkan rendahnya tingkat kekebalan tubuh balita dibandingkan orang dewasa.

Data Departemen Kesehatan RI menunjukkan 5.051 kasus diare sepanjang tahun 2005 lalu di 12 provinsi. Jumlah ini meningkat drastis dibandingkan dengan jumlah pasien diare pada tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 1.436 orang. Di awal tahun 2006, tercatat 2.159 orang di Jakarta yang dirawat di rumah sakit akibat menderita diare.

Masalah diare lebih sering diatasi dengan pendekatan kuratif dibandingkan preventif. Padahal menerapkan metode preventif akan lebih murah, lebih efisien dan lebih efektif. Berangkat dari pemahaman bahwa menuci tangan pakai sabun adalah perilaku yang mudah dilakukan dan efektif menurunkan insiden diare, disadari perlunya suatu gerakan bersama untuk membentuk perilaku sehat mencuci tangan dengan sabun sebagai langkah awal meningkatkan kesehatan individu dan keluarga.