Cara menurunkan berat badan Awan Ukaya

Cara menurunkan berat badan

Telah jelas diumumkan oleh para peneliti, bahwa memiliki tubuh gemuk dapat meningkatkan resiko penyakit-penyakit kronis seperti jantung, diabetes, kanker dll. Oleh karena itu, banyak dari kita yang ingin berusaha untuk mengurangi berat badan kita agar tetap kurus sehingga tubuh kita selalu sehat. Berikut adalah tips untuk anda agar

1. Sarapan di pagi hari merupakan hal yang wajib jika kita ingin memaksimalkan aktifitas di hari itu. Pisang, yogurt, sereal, roti dan lain lain sudah cukup sebagai menu sarapan pagi  sebab makanan ringan yang mengandung banyak serat dan protein akan memberikan anda rasa kenyang hingga tiba waktunya makan siang.

2. Cobalah untuk membaca informasi gizi dalam makanan. Apakah hal tersebut sudah mencukupi standar kebutuhan gizi kita setiap harinya. Bila anda bingung dengan batas gizi yang disarankan, maka anda perlu menanyakan kepada dokter ahli atau mencari informasi di internet. Sesuaikan dan jangan pula terlalu berlebih.

3. pilihlah makanan yang seimbang nilai gizinya sesuai dengan kebutuhan tubuh anda sehingga kalori yang dimakan akan dimanfaatkan secara optimal.

4.Buatlah pola makan harian khusus yang bisa dan rutin anda lakukan setiap hari. Pastikan jadual makan anda tersebut sedikitnya 3 kali sehari.

5. Perbanyak konsumsi serat. Serat sangat penting untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Serat yang kita makan sehari hari berfungsi untuk membantu menurunkan kolesterol dan memperlancar pengosongan saluran pencernaan. Serat juga bisa mempercepat rasa kenyang sehingga secara alami mengurangi porsi makanan yang tidak berguna. Sebagian besar serat mempunyai kandungan air yang tinggi dan kalori yang rendah sehingga sesuai dengan makanan yang kita butuhkan untuk menurunkan berat badan.

6. Selalu pilih makanan sehat. Pilihlah makanan yang sedikit mengandung lemak jenuh. Perbanyak konsumsi buah buahan dan sayur sayuran. Pilih minyak sayur sebagai sumber lemak karena mengandung lemak tak jenuh dalam porsi tinggi. Makan makanan yang banyak mengandung Omega 3 seperti ikan.

7. Olah raga. Sesuaikan olah raga yang anda pilih dengan kondisi tubuh anda. Salah satu olah raga yang sehat, murah dan bisa dilakukan oleh semua orang adalah jalan kaki.

8. Hindari kebiasaan ngemil di malam hari. Ngemil di malam hari akan menghancurkan upaya anda menurunkan berat badan sebab kalori yang anda makan setelah makan malam akan tertimbun di dalam tubuh. Menggosok gigi setelah makan malam turut membantu anda untuk mengurangi keinginan untuk ngemil.

9. Perbanyak konsumsi protein. Memakan makanan yang mengandung protein dalam jumlah banyak akan membuat perut anda kenyang dalam beberapa jam sehingga mengurangi kebutuhan anda akan makanan yang mengandung kalori tinggi.

10. Buang kebiasan buruk yang membuat berat badan anda bertambah dan gantikan dengan kebiasaan yang lebih sehat. Misalnya mengganti gula yang anda gunakan membuat kopi dengan gula yang rendah kalori, menghindari makan gorengan dan lain lain.