Cara mengetahui seseorang terkena osteoporosis Awan Ukaya

Cara mengetahui seseorang terkena osteoporosis

Seperti yang pernah saya katakan sebelumnya, bahwa tidak semua orang bisa tahu caranya mengetahui terkena penyakit, termasuk osteoporosis. Itulah sebabnya kali ini saya jelaskan pula bagaimana cara mengetahui Anda terkena osteoporosis. Sehingga Anda bisa dengan mudah mengatasinya sejak dini. Berikut adalah langkahnya:

  • Untuk penderita yang mengalam osteoporosis akibat dari mengalami patah tulang, maka untuk mendiagnosis osteoporosis bisa dimulai dengan menegakkan gejala, pemeriksaan fisik dan rontgen tulang.
  • Sementara untuk pemeriksaan lebih lanjut, hal ini sangat diperlukan. Karena ini sangat berguna untuk menyingkirkan jika terjadi keadaan lainnya yang bisa menyebabkan osteoporosis.
  • Kemudian, untuk langakah selanjutnya dalam mendiagnosis osteoporosis sebelum terjadinya patah tulang, maka dari sini dilakukan pemeriksaan yang menilai kepadatan tulang. Pemeriksaan kepadatan tulang yang paling akurat adalah DXA (dual-energy x-ray absorptiometry). Selain itu, pemeriksaan ini juga aman dan tidak menimbulkan nyeri. Jika Anda menggunakan pemeriksaan ini, maka Anda hanya butuh waktu 5-15 menit.

Beberapa fungsi dari DXA adalah ditujukan untuk:
– untuk wanita yang memiliki resiko tinggi menderita osteoporosis
– untuk penderita yang diagnosisnya belum pasti
– untuk penderita yang hasil pengobatannya harus dinilai secara akurat.

Nah, dari sinilah dengan mengetahui bebrapa cara mendiagnosis penyakit osteoporosis tersebut, maka diharapkan Anda bisa menangani penyakit tersebut dengan mudah. Semoga bermanfaat!