Cara mencegah osteoporosis Awan Ukaya

Cara mencegah osteoporosis

Jika sebelumnya kita hanya membahas menganai gejala dan cara mengobati osteoporosis, maka kini saatnya kita membahas bagaimana cara mencegahnya. Karena dengan begitu, kita akan lebih mudah mengantisipaisnya sejak dini. Sehingga, kita tidak akan terkena osteoporosis. Berikut adalah langkah-langkah pencegahan osteoporosis, meliputi:

  • Anda harus mengkonsumsi berbagai makanan ataupun suplemen dan susu lainnya yang mengandung kalsium tinggi. Karena hal ini sangat bermanfaat untuk mempertahankan atau meningkatkan kepadatan tulang. Selain itu, dengan mengkonsumsi kalsium dalam jumlah yang tinggi, hal ini akan sangat efektif untuk mempertahankan tulang sebelum tercapainya kepadatan tulang maksimal. Yang mana kepadatan tulang maksimal tersebut biasanya akan berakhir sekitar umur 30 tahun. Dari sinilah, Anda bisa melakukannya dengan cara minum 2 gelas susu dan tambahan vitamin D setiap hari. Dan khusus untuk wanita, sebaiknya semua wanita minum tablet kalsium setiap hari, dosis harian yang dianjurkan adalah 1,5 gram kalsium.
  • Tidak hanya itu saja, Ada juga harus melakukan olah raga dengan beban. Dengan begitu, tulang Anda akan menjadi lebih kuat, karena kita sudah biasa melatihnya dengan berolahraga beban. Olah raga beban disini tidak harus membawa beban berat, namun bisa berupa berjalan dan menaiki tangga. Yang perlu diperhatikan adalah jangan berpikir berenang bisa meningkatkan kepadatan tulang, karena hal itu akan sia-sia.

Semoga bermanfaat!