Bayi laki-laki prematur Awan Ukaya

Bayi laki-laki prematur

Kini para ahli menemukan jawaban, mengapa bayi laki-laki yang lahir prematur mempunyai kemampuan bahasa dan bicara yang kurang dibanding dengan bayi prematur perempuan. Saat bayi laki-laki yang prematur telah dewasa dan masuk sekolah, ternyata mereka harus belajar lebih giat dibanding perempuan.

Sebelumnya memang para ahli telah tahu bahwa bayi prematur laki-laki mempunyai otak yang lebih kecil dibanding bayi prematur perempuan. Dan baik bayi prematur laki-laki maupun perempuan, keduanya mempunyai otak yang lebih kecil dibanding bayi yang lahir normal.

Dan kini, peneliti menemukan daerah di otak yang lebih spesifik lagi, yang mengalami penciutan. Ternyata terletak di bagian otak yang disebut bagian putih otak. Bayi laki-laki yang prematur mempunyai volume bagian putih otak yang jauh lebih kecil dibanding bayi perempuan yang prematur.

Dari 96 anak yang berusia 8 tahun, yang mana 65 diantaranya lahir secara prematur, terlihat dari pemindaian MRI (Magnetic Resonance Imaging), otak anak laki-laki dengan wanita prematur berbeda. Volume otak (baik bagian putih maupun bagian abu otak), berkurang pada kelompok anak prematur. Tapi pada anak perempuan yang lahir prematur, bagian otak putihnya mempunyai volume yang sama dengan anak perempuan yang lahir normal. Tapi pada anak laki-laki yang lahir prematur, mempunyai volume otak putih yang lebih kecil.

Daerah otak putih ini berfungsi untuk membaca, bahasa, emosi dan perilaku. Jadi tidak heran, bila anak laki-laki yang lahir prematur, mempunyai kesulitan dalam belajar bahasa dibanding anak perempuan yang lahir prematur.

Sumber: Jurnal Pediatrics