ASI pelindung alami bayi Awan Ukaya

ASI pelindung alami bayi

Banyak penelitian yang dilakukan mengenai berbagai manfaat ASI dalam membantu kekebalan tubuh bayi terhadap infeksi. Namun sebuah studi di Swedia dengan menggunakan sel paru-paru yang terkena kanker, telah ditemukan fakta baru yang berharga. Dengan menggunakan ASI kepada sel tersebut, ternyata seluruh sel kankernya mati.

Para peneliti saat ini sedang mempelajari cara mengeksploitasi ASI untuk kegunaan lainnya selain asupan makanan bagi bayi. Komponen pada ASI sedang dikembangkan menjadi obat yang mampu memerangi virus dan bakteri.

Contohnya yaitu diare, dimana senyawa ASI tersebut dapat dicampurkan ke makanan untuk memperbaiki pencernaan. Selain itu, beberapa komponen ASI dapat melawan berbagai kondisi medis mulai dari arthritis sampai gegar septic.

Perlindungan yang diberikan melalui ASI memang telah lama kita ketahui. Bayi yang diberikan ASI akan mengalami diare setengah kali lebih sedikit dibandingkan bayi yang diberikan susu formula.

Meskipun beberapa senyawa pada ASI juga ditemukan dalam susu formula, namun ada beberapa senyawa yang hanya khusus terdapat pada ASI.

Perlu diketahui bahwa para ibu ternyata memproduksi antibodi yang diperolehnya selama mereka hidup ke dalam ASI, kemudian antibodi tersebut dikonsumsi bayi mereka sehingga menambah kekebalan tubuh bayi.

Terlepas ampuh atau tidaknya ASI sebagai sumber terapi kanker, berbagai manfaatnya telah membuka pandangan baru akan peran ASI ke depan yang jauh lebih besar. Semoga teknologi tentang ASI akan terus dikembangkan demi bayi-bayi sehat nantinya.