Asal dan manfaat buah duku Awan Ukaya

Asal dan manfaat buah duku

Buah duku adalah buah yang mirip dengan buah kelengkeng yakni salah satu buah asli yang tumbuh di Indonesia dan merupakan salah satu tanaman berkayu yang hidup selama menahun. Buah duku (Lansium Domesticum Corr) saat ini tersebar luas di belahan benua Asia, yaitu khususnya Asia Tenggara (dari semenanjung Thailand sampai dengan ujung ujung Timur Kalimantan).
Di Indonesia, sentra buah duku tersebar luas di wilayah Sumatra dan Jawa.

Tanaman ini termasuk jenis pohon buah musiman yang hanya berbuah setahun sekali. Jenis yang banyak dibudidayakan adalah varietas komering, metesih, condet dan kalikajar. Buah duku dapat tumbuh subur di daerah beriklim basah dengan curah hujan tinggi. . Biasanya bunga akan bermunculan di awal musim hujan (September-Oktober). Enam bulan kemudian buah terlihat bergelantungan di ranting dahan dan siap dipanen pada bulan Februari-Maret.
Buah duku mentah berwarna hijau, bergetah dan rasanya asam.Bila anda ingin memakan buah duku, maka anda harus memilih dengan warna yang kuning kecoklatan karena hal tersebut pertanda buah duku sudah matang dan rasanya enak dan manis.
Banyak sekali kandungan buah duku yang memang sangat baik untuk kesehatan, diantaranya adalah komposisi zat gizi yang ada pada setiap buah duku sudah cukup banyak, mengandung kalori yang cukup banyak yaitu 70 kal setiap 100gram buah duku, protein, lemak, karbohidrat, mineral alami, kalsium dan fisfir yang baik untuk tulang, zat besi dan beberapa kandungan bermanfaat lainnya. Kandungan Рkandungan inilah yang menyebabkan manfaat buah duku ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi buah duku ini, anda bisa memenuhi setiap  energi yang dibutuhkan setiap hari oleh tubuh anda sekaligus dapat menghindarkan kita dari beberapa penyakit mematikan seperti kanker.