Apa itu Difusi Inovasi Awan Ukaya

Apa itu Difusi Inovasi

Difusi inovasi adalah sebuah proses yang menyebabkan hal yang berhubungan dengan inovasi difusidikomunikasikan dalam kurun waktu tertentu, dan juga pada anggota sistem sosial tertentu yang menjalin hubungan antara individu yang satu dengan individu yang lain.

Difusi Inovasi juga mempunyai beberapa tingkatan adopsi yang dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Inovator, adalah orang yang menyukai hal-hal baru. Dia juga senang bereksprimen. Biasanya mereka memang orang yang memiliki tempat yang strategis dalam masyarakat atau seorang pemimpin. Jika diciri-cirikan, mereka ini adalah orang yang gemar berpetualang, berani mengambil resiko, aktif, cerdas dan memiliki kemampuan ekonomi yan tinggi.
  2. Early adopters, adalah orang yang cepat menerima inovasi, dia tentunya juga cerdas dan orang yang selalu mempertimbangkan keputusan, kerap berfikir kritis. Bila dia sudah memutuskan sesuatu maka itu adalah keputusan yang benar-benar telah diyakini. Dia juga bisa menjadi pemimpin yang penuh tanggung jawab atas setiap keputusanya karena dia juga sangat memikirkan keadaan pengikutnya. Orang seperti ini memiliki cirri-ciri sebagai orang teladan, dihormati dan memiliki akses yang tinggi.
  3. Early majority, adalah orang yang juga memiliki kecerdasan, dia juga terbuka terhadap hal-hal yang baru, namun tidak terlalu memiliki sifat kritis dan mempertimbangkan terlalu jauh. Dapat dikatakan lebih suka untuk berpikir positif dan selalu mengikuti trend terbaru. Ia mungkin tidak bisa dikategorikan sebagai seorang pemimpin tapi jika dikatakan pengikut, adalah pengikut yang senang dengan hal-hal baru. Dia memiliki ciri sebagai orang yang penuh pertimbangan.