Aneka Jenis Bahasa Awan Ukaya

Aneka Jenis Bahasa

Bahasa mengandung simbol untuk bertukar informasi. Dan, kemampuan berbahasa lebih pada kemampuan yang dapat dilihat alias dinilai. Perkembangan bahasa dan bicara biasanya digambarkan sebagai berikut :

– Bahasa Reseptif ( Masa Praverbal ) : Masa mulai tangisan pertama sampai keluar kata pertama. Bayi memproduksi bahasa prelinguistik yang biasanya sesuai dengan pengasuhannya. Bahasa yang semula dikeluarkan adalah cooing atau suara seperti “Vokal” tertentu ( Seperti “au” dan “U” ). Tahap prelinguistik cooing ini biasanya terdengar pada usia 4-6 Minggu.

– Bahasa Ekspresif ( Masa Verbal ) : Kemamnpuan anak untuk mengeluarkan kata-kata yang berarti ( biasanya pada usia 12-18 bulan ). Misalnya, kata “mama” atau “papa”.

Selain kedua jenis bahasa tersebut, dikenalkan pula bahasa visual. jenis bahasa ini merupakan bahasa yang dapat dilihat melalui perubahan sikap tubuh atau ekspresi muka pada seorang bayi/anak. Misalnya, ekspresi/sikap tubuh yang mencerminkan apakah seorang bayi dalam keadaan gembira atau marah. Bahasa visual ini kurang berkembang pada anak-anak golongan “Asperger” ( salah satu bentuk sprektrum Autisme ). Tahap bahasa yang berhubungan dengan emosi ini muncul dalam beberapa minggu setelah kelahiran bayi. Yang termasuk bahasa visual dapat dilihat di bawah ini.

Nah Berikut Ini Bahasa Visual Menurut Usianya :

Usia 4-6 Minggu

Bayi “memamerkan” senyum sosial

Usia 2-3 Bulan

Bayi mulai memperhatikan orang dewasa yang sedang bicara. Begitu ia berhenti bicara. bayi akan mengeluarkan suara. ini adalah dasar adanya interaksi pada anak, yang merupakan awal dari tahap bicara.

Usia 4-5 Bulan

Bayi harus terlihat mencari sumber suara.

Usia 6-7 Bulan

Bayi menikmati permainan, Seperti “Ci LUK BA”

Usia 9 Bulan

Bayi Mulai menggunakan tanganya untuk melakukan kegiatan sederhana, seperti melambaikan tangan, sebagai ekspresi inbteraksi sosial.

Usia 9-12 Bulan

Bayi mulai menggunakan jarinya untuk menunjuk benda-benda yang diinginkan.

Nah Sedikit dari saya sobat awanukaya.com semoga bermanfaat ( Ifan21 )