Anak bisa terkena serangan jantung Awan Ukaya

Anak bisa terkena serangan jantung

Serangan jantung tidak hanya dialami orang dewasa, namun dialami juga oleh anak-anak dikarenakan kegemukan.

Penelitian dilakukan di rumah sakit anak Cincinnati, Amerika Serikat, terhadap 343 pasien anak yang sangat gemuk, berusia antara 5 hingga 23 tahun, dengan rata-rata usia 12 tahun. Anak-anak ini diperiksa keadaan jantungnya dan terlihat mereka telah mengalami perubahan pada bagian bilik kiri jantungnya, bagian yang memompa jantung ke seluruh tubuh.

Bilik kiri jantungnya terlihat menebal, yang mana bisa menyebabkan aliran darah yang dipompa ke seluruh tubuh akan berkurang. Hal ini dapat berisiko mengakibatkan timbulnya rasa nyeri pada dada dan juga serangan jantung. Semakin gemuk seorang anak, risiko untuk menderita penyakit jantung juga semakin besar, demikian yang disampaikan dalam pertemuan perkumpulan Ekokardiografi Amerika di San Diego.

Jadi, jangan tunda-tunda lagi untuk menurunkan berat badan si kecil bila si kecil termasuk dalam kelompok gemuk. Mungkin bagi beberapa orang, anak yang gemuk terlihat lucu tapi ingatlah akan akibat atau risiko yang dapat terjadi. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi pada si kecil Anda bukan?