12 Bulan Pertama Yang Penting Awan Ukaya

12 Bulan Pertama Yang Penting

Bicara adalah tahap perkembangan yang telah dimulai sejak bayi. dan, tahap bicara mesti diperhatikan sedini mungkin, karena ternyata dapat dijadikan parameter ada tidaknya gangguan perkembangan pada anak. ” Tentu saja, tanpa mengabaikan tahap-tahap perkembangan lain, seperti motor kasar-halus dan sosialisasi/interaksi, yang punya peran penting juga dalam menentukan optimal tidaknya perkembangan anak,” Kata Dokter Ahli

Benarkan gangguan bicara banyak ditemukan ? Penelitian yang dilakukan di Klinik Perkembangan Anak, Terhadap sekitar 60 orang anak ( hanya sebagia kecil saja anak yang datang pada usia kurang dari 1 tahun ) menunjukkan, belum bicara merupakan keluhan sebagian besar orang tua yang pada akhirnya didiagnosis sebagai gangguan perkembangan multististem ( Multisystem Developmental Disorders / MSDD ). Nah, gangguan ini adalah salah satu bentuk kelainan perkembangan yang muncul dalam bentuk gangguan relasi ( berinteraksi ) dan komikasi yang akhir-akhir ini tampaknya terus meningkat.

Meski begitu janganlah terlalu cemas. Kegagalan dalam relasi dan komunikasi pada si 0-3 Tahun dianggap sebagai kondisi yang masih dapat berubah dan tumbuh. Hanya saja, sulit memprediksi mana yang bisa normal perkembangannya dan mana yang akan mengalami gangguan. Jadi, harus bagaimana ? Anak-anak yang diteliti itu ternyata sejak bayi terlalu diam alias tidak mengoceh sesering bayi normal. Makanya, 12 bulan pertama kehidupan anak merupakan masa yang paling penting untuk mendeteksi tumbuh kembang bicaranya. Jadi, bila anda ke dokter, sebaiknya bukan sekedar untuk imuniasi saja hehe.

Nah Demikian Artikel 12 Bulan Pertama Yang Penting Semoga dapat membantu dan bermanfaat ( Ifan21 )