Mengenal perbedaan habitat laut Awan Ukaya

Mengenal perbedaan habitat laut

Kini berbicara mengenai habitat laut, perlu kalian ketahi bahwa ternyata habitat laut ini dapat dibedakan berdasarkan kedalamannya dan wilayah permukaannya secara horizontal.

Menurut kedalaman

Menurut kedalamannya, ekosistem air laut ini dibagi menjadi empat, yaitu:

  • Litoral, dimana ini merupakan daerah yang berbatasan dengan darat.
  • Neretik yang mana ini merupakan daerah yang masih dapat ditembus cahaya  atahari sampai bagian dasar dalamnya ± 300 meter.
  • Batial merupakan daerah yang dalamnya berkisar antara 200-2500 m.
  • Abisal merupakan daerah yang lebih jauh dan lebih dalam dari pantai dengan kedalaman 1.500 m – 10.000 m.

Menurut wilayah permukaan

Sedangkan menurut wilayah permukaannya secara horizontal, habitat laut ini secara berturut-turut dari tepi laut semakin ke tengah, laut dibedakan sebagai berikut:
Epipelagik

Yaitu sebuah daerah permukaan air laut antara permukaan dengan kedalaman air sekitar 200 m.

Mesopelagik

Yaitu merupakan daerah dibawah epipelagik dengan kedalaman 200-1000 m. biasanya hewan yang hidup di daerah ini adalah ikan hiu.
Batiopelagik

Yaitu merupakan daerah lereng benua dengan kedalaman 200-2.500 m. biasanya hewan yang hidup di daerah ini adalah gurita.
Abisalpelagik

Yaitu merupakan daerah dengan kedalaman mencapai 4.000 m, sehingga disini tidak terdapat tumbuhan tetapi hewan masih ada. Buruknya lagi, sinar matahari tidak mampu menembus daerah ini. Sehingga jarang ditemui tumbuhan laut.
Hadal pelagic

Yaitu merupakan bagian laut terdalam yang paling dasar dengan kedalaman lebih dari 6.000 m. Di bagian ini biasanya terdapat lele laut dan ikan Taut yang dapat mengeluarkan cahaya. Sebagai produsen di tempat ini adalah bakteri yang bersimbiosis dengan karang-karang tertentu.