Mengenal jauh kunyit Awan Ukaya

Mengenal jauh kunyit

Mendengar kata kunir atau kunyit, pasti didalam benak kalian ini adalah tanaman obat. Iya itu benar! Kunir atau kunyit dengan nama latin Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val., merupakan tanaman rempah yang yang digunakan sebagai obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Dari Asia Tenggara, kemudian tanaman ini mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Itulah sebabnya saat ini kita bisa menjumpai kunir/ kunyit di sekitar kita.

Karena, perlu Anda ketahui bahwa hampir setiap orang di Indonesia dan India serta bangsa Asia lainnya, mereka pada umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau digunakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Karena memang tanaman ini sangat kaya manfaat.

Dimana untuk masakan, kunir/ kunyit biasa digunakan sebagai bumbu dalam berbagai masakan seperti gulai. Selain itu, kunir/ kunyit biasa juga digunakan sebagai pewarna kuning alami pada makanan atau sebagai pengawet. Sehingga makanan tersebut lebih aman dikonsumsi dan lebih awet, karena tidak mengandung bahan kimia.

Oleh sebab itulah produk farmasi berbahan baku kunyit, mampu bersaing dengan berbagai obat paten. Karena hal ini dianggap lebih aman untuk dikonsumsi. Misalnya untuk peradangan sendi (arthritis- rheumatoid) atau osteo-arthritis berbahan aktif natrium deklofenak, piroksikam, dan fenil butason dengan harga yang relatif mahal atau suplemen makanan (Vitamin-plus) dalam bentuk kapsul. Mereka terkadang malah lebih jarang dipilih.