Manfaat kacang hijau bagi ibu hamil (bagian 2) Awan Ukaya

Manfaat kacang hijau bagi ibu hamil (bagian 2)

Kita semua tahu bahwa manfaat kacang hijau untuk ibu hamil sangat besar jika dilihat dari nilai gizi yang terkandung didalamnya. Itulah sebabnya sangat disarankan untuk mengkonsumsi kacang hijau sebagai pelengkap menu sehat untuk makanan Anda juga ibu hamil. Yang mana utnuk penjelasan lebih lanjut mengenai kandungan juga manfaat kacang hijau akan saya jelaskan sebagai berikut ini:

  • Perlu Anda ketahui bahwa di dalam kacang hijau ini juga terdapat asam folat yang sangat berperan penting pada trimester awal kehamilan. Karena, asam folat ini sangat¬† berguna untuk perkembangan sistem saraf pada bayi. Tentunya ini juga akan berhubungan dengan tingkat kecerdasan bayi. Hebatnya lagi, asam folat ini ternyata juga dapat mencegah terjadinya kecacatan pada bayi seperti bibir sumbing, kelainan jantung, spina bifida, dan kecacatan lainnya. Dan perlu diingat adalah, asam folat ini sebenarnya tidak ahnya terdapat pada kacang hijau saja, namun asam folat juga dapat kita jumpai pada kacang kedelai, brokoli, jeruk, bayam, alpukat, dan lain-lain.
  • Dengan mengkonsumsi kacang hijau inilah, penyerapan protein bisa terjadi secara maksimal. Karena memang pada dasarnya pada kacang hijau ini terdapat vitamin B1 dan B2 yang mampu membantu pertumbuhan janin, melancarkan pencernaan, menjadi katalis untuk perubahan karbohidrat menjadi energi, serta membantu fungsi saraf. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan beri-beri, mudah lelah, dan konstipasi.

Dan masih banyak lagi yang lainnya. Yang pasti kacang hijau itu sanagt baik dikonsumsi untuk ibu hamil juga anak-anak. Semoga bermanfaat!