Kamera Super Canggih Sony RX1 Awan Ukaya

Kamera Super Canggih Sony RX1

Apa jadinya jika kamera saku yang imut itu dijejali dengan sensor sebesar sensor kamera DSLR plus menggunakan lensa prosumer?

Seperti Ksatria Baja Hitam yang berteriak ‘BERUBAH!’ saat melakukan transformasi menjadi super hero, kamera saku tersebut BERUBAH wujud menjadi SONY RX1. Sebuah kamera saku canggih berkategori High End yang memiliki kemampuan jauh di atas kamera saku pada umumnya.

Sensor yang digunakan pada RX1 adalah CMOS, memiliki ukuran fisik 36 x 24 mm atau setara dengan sensor yang dipakai oleh kamera DSLR kelas profesional. Ukuran ini sama dengan satu frame film tipe 135 (35 mm). Kamera saku ‘biasa’ pada umumnya memiliki ukuran sensor yang lebih kecil dibanding kamera DSLR. Akibatnya, kualitas gambar yang dihasilkan pun jauh berbeda.

Ukuran body Sony RX1 113 x 65 x 70 mm, tidak terlalu jauh dibandingkan kamera saku pada umumnya tapi jauh lebih kecil disbanding DSLR atau Prosumer sekalipun. Dan besar RX1 sudah termasuk lensa yang menempel di bodynya. Kamera ini didesain untuk anda yang butuh hasil photo bagus setara DSLR, tapi tak mau ribet harus gonta-ganti lensa. Karena lensa yang attach di bodynya adalah Lensa berkualitas tinggi Zeiss Sonnar 35mm f/2 dengan 49mm. Zeiss adalah produsen lensa kelas kakap yang selalu menghasilkan lensa terbaik di kelasnya.

Seperti juga kamera saku pada umumnya, RX mendukung perekaman video dengan 5fps. LCD lebar dengan lifeview dan built in flash. Hanya saja bila anda hobi memotret dengan mengintip lubang viewfinder, anda harus membeli viewfinder eksternal yang dijual terpisah dari body.

Spesifikasi lengkap Sony RX1 dapat digambarkan sebagai berikut :

  • Sensor : 24MP full frame CMOS
  • ISO range : 100-25,600
  • Body : Magnesium body
  • Video : AVCHD 2.0 5fps
  • Layar : 3 in LCD screen
  • Aksesoris : External optical dan electronic viewfinders (dijual terpisah)
  • Lensa : Lensa Zeiss Sonnar 35mm f/2 dengan 49mm filter thread
  • Harga : USD $2799

Bagaimana, anda tertarik untuk memiliki kamera saku super canggih ini? Jangan buru-buru mencarinya di toko, karena kamera ini secara resmi baru akan dirilis pada bulan November 2012. Saat ini anda cukup siapkan dana saja dulu sambil bersabar. Sampai ketemu di toko kamera pada bulan November…..