Hubungan perubahan jenis makanan dengan karang pada gigi Awan Ukaya

Hubungan perubahan jenis makanan dengan karang pada gigi

Mungkin sebagian besar dari kita menganggap bahwa penyebab utama dari terjadinya karang gigi ini adalah karena makanan yang diberikan berupa makanan jenis basah dan kalengan. Itulah sebabnya banyak dari kita mengira bahwa dengan cara mengganti jenis makannya, tentu hal ini akan membuat karang gigi menjadi lebih terkontrol.

Padahal, di alam bebas sana, kucing-kucing yang hidup liar di hutan banyak kok yang makan binatang kecil secara hidup-hidup, seperti dengan makan tulang mentah, bulu & rambut dari tikus hutan & burung kecil, namun gigi mereka malah jauh lebih bersih. Kok bisa ya?

Iya itu sebenarnya karena dietnya terdiri bahan-bahan yang lebih keras dari pada yang terdapat dalam makanan komersial yang banyak dijual di petshop. Di mana pada bahan-bahan yang di makan dari bahan alami tersebut malah bisa membantu mengurangi pembentukan tartar.

Itulah sebabnya jika kalian mengira bahwa mengganti makanan lunak dengan makanan kering atau berserat tinggi untuk kucing sobat ini dapat membantu memperlambat pembentukan tartar, maka sobat benar!

Hal ini dibenarkan karena semakin banyak usaha mengunyah, hal ini bisa membuat semakin besar gesekan makanan dengan gigi. Sehingga pembentukan tartar menjadi semakin lambat dari pada kucing memakan makanan basah.

Selain itu dengan adanya usaha mengunyah dari makan-makanan kering ini juga dapat memancing pengeluaran air liur yang mengandung antibiotik alamiah sehingga dapat membantu membunuh bakteri penyebab infeksi.

Semoga bermanfaat!