Talenan Kayu vs Talenan Plastik Awan Ukaya

Talenan Kayu vs Talenan Plastik

Jika kita sedang melakukan kegiatan dapur, apalagi memasak sesuatu seperti memasak daging ayam, pasti akan menggunakan talenan. Talenan, ada yang terbuat dari plastik dan juga dari kayu. Mana sih yang lebih aman? Sebagai alas pemotong bahan makanan  yang praktis dan mudah digunakan, tentunya talenan harus memenuhi syarat kebersihan.

Dengan fungsi talenan sebagai media pemotong bahan makanan baik itu mentah ataupun matang, talenan menjadi sasaran empuk sarang tumbuhnya bakteri maupun jamur. Anda pun mungkin tidak ingin makanan yang akan anda makan bercampur dengan bakteri yang terkumpul ditalenan.

Berbagai anggapan mengatakan bahwa talenan dari bahan plastik lebih bisa terjaga kebersihannya karena lebih praktis dan mudah dicuci daripada talenan yang terbuat dari kayu. Dan nyatanya, menurut penelitian, talenan yang dibuat dari kayu lebih sedikit terkontaminasi bakteri dibandingkan talenan plastik. Tapi, sebetulnya kebersihan talenan tergantung damlam proses pencuciannya saja.

Sebaiknya anda memiliki 3 talenan di rumah sesuai fungsinya masing – masing

  1. Talenan untuk memotong daging, ayam, dan ikan. Sisa darah dan daging hasil memotong harus dicuci dengan air panas serta dicuci dengan pencuci piring anti bakteri.
  2. Talenan untuk sayuran. Biasanya talenan ini bisa hanya dicuci dengan air saja, tetapi sayur juga kadang membawa kotoran, seperti tanah dan pestisida.
  3. Talenan untuk memotong masakan matang. Anda harus mencucinya lebih bersih karena talenan ini alas makanan yang akan masuk ke perut anda.