Kesalahan Pengelolaan uang / gaji Awan Ukaya

Kesalahan Pengelolaan uang / gaji

Perkerjaan merupakan suatu hal yang penting dalam hidup kita. Karena dengan pekerjaan, kita akan mendapatkan penghasilan uang (disebut gaji perkerjaan) yang dapat menghidupi kita maupun keluarga kita. Banyak orang pula yang bercita-cita untuk memiliki sesesuatu dengan hasil jerih payah mereka. Namun, hal itu sering kali gagal karena kita tidak mampu memanagemen uang / gaji kita dengan baik. Berikut adalah kesalahan besar kita, dan cara menanggulangi kesalahan pengelolaan uang / gaji :

1. Mendahulukan Pengeluaran daripada simpanan / tabungan

Setiap mereka mendapatkan gaji mereka, mereka biasanya membelanjakan terlebih dahulu, dan kalau ada sisanya, itulah yang akan mereka tabung,” kata Fitz Villafuerte. “Pada umumnya, tidak ada yang tersisa pada akhir bulan.”

Solusi: tukar balik kebiasaan tersebut. Pertama pisahkan sebagian dari gaji Anda untuk menabung, kemudian silakan habiskan sisanya. Villafuerte juga merekomendasikan untuk minta HRD perusahaan Anda untuk membantu: “Kamu bisa mendebet tabungan Anda secara otomatis. Minta HRD Anda untuk mengirimkan sebagian dari gaji Anda ke rekening lain di bank penggajian (payroll) kantor Anda.” Metode proaktif ini membuat menabung tidak begitu menyusahkan. “Dengan begitu Anda tidak merasa kalau Anda menabung,” kata Villafuerte. “Kamu tidak merasa bersalah jika menghabiskan apa yang tersisa. Menabung terasa lebih ringan dan menguntungkan.”

 

2. Kita berinvestasi sebelum membuat dana darurat.

Villafuerte mengamati kalau kesalahan kedua yang sering dilakukan orang ketika mereka mendapatkan uang ekstra adalah berinvestasi sebelum mereka menyisihkan sebagian untuk dana darurat. “Mereka tidak menggunakannya terlebih dahulu untuk menyiapkan dana darurat,” katanya. Dana darurat adalah fondasi dasar dari portfolio setiap orang, yang jumlahnya adalah: uang senilai enam kali biaya pengeluaran bulanan rumah tangga Anda, disimpan untuk kebutuhan darurat.

Solusi: Villafuerte merekomendasikan memiliki dana tersebut sebelum Anda menginvestasikan uang Anda. Bukannya dia tidak menganggap penting untuk membuat uang Anda bertambah, namun seperti masalah sebelumnya, masalah yang akan dihadapi ini adalah sesuatu yang merupakan prioritas. “Biaya rumah sakit, perbaikan mobil atau rumah yang mendadak tidak bisa Anda kesampingkan.” Tanpa adanya dana darurat, kamu akan mencari utang atau mencairkan investasi Anda dengan segera.

 

sumber: pengusaha dan blogger finansial Fitz Villafuerte