Hubungan jaringan iklan dengan asal-usul virus Android Awan Ukaya

Hubungan jaringan iklan dengan asal-usul virus Android

Mendengar kata ponsel atau tablet Android, semua pasti sudah tidak asing. Karena saat ini ponsel atau tablet ini sangat ramai dipasaran. Lalu, hubungannya apa antara jaringan iklan dengan asal-usul virus android?

Tahukah Anda?

Perlu diketahui bahwa virus yang ada di Android ternyata berasal dari jaringan iklan. Hal ini diungkap oleh Symantec yang menyatakan bahwa virus yang ditemukan dalam 13 aplikasi dari Android Market menyerang lewat jaringan iklan di program tersebut.

13 aplikasi tersebut menurut Symantec di sebut dengan Android Counterclank yang diklasifikasikan sebagai Trojan horse atau malware. Selain itu Symantec juga menemukan aplikasi tersebut juga mirip dengan Android TonClank yang ditemukan juni tahun lalu.

Virus yang ada di android ini telah memakan banyak korban karena setidaknya kode android Counterclank telah di unduh 1 juta hingga 5 juta kali  dan ini merupakan jumlah download terbesar.

Lalu apa yang terjadi jika terkena virus Android Counterclank  ini?

Ingat! Virus ini mampu mengubah tampilan browser, menambah desktop shorcut dan juga menghapus bookmarks. Sebenarnya 13 aplikasi yang diindikasikan sebagai Android Counterclank itu telah dilaporkan ke google, tapi sayangnya mereka menolak untuk mencabutnya. Alasan mereka adalah karena aplikasi-aplikasi tersebut tidak menyalahi atau melanggar  kebijakan.

Banyaknya aplikasi yang mengandung kode Android Counterclank yang dinilai sebagai virus, hal ini mengharuskan Anda yang memiliki ponsel atau tablet Android untuk lebih berhati-hati dalam mendownload aplikasi. Jadi, jangan gegabah ya..!