Cara Menghemat Listrik Dalam Rumah Awan Ukaya

Cara Menghemat Listrik Dalam Rumah

listrik rumah

Listrik dalam rumah tangga perlu diatur penggunaanya agar hemat dan bermanfaat untuk semua. Bagaimana caranya?

Anda bisa memulai dengan membudayakan kebiasaan hemat listrik kepada seluruh anggota keluarga, seperti menyalakan/menggunakan peralatan listrik pada saat digunakan saja dan menggunakan peralatan listrik secara bergantian.

Untuk lampu, sebaiknya gunakan lampu hemat energi yang terjangkau kualitasnya. Anda juga bisa menggunakan ballast elektronik dan memasang kondensator untuk jenis lampu TL (neon) untuk menghemat energi.

Sedangkan untuk lemari es, pilihlah lemasri es dengan ukuran/kapasitas yang sesuai dan pastikan pintu lemari es selalu tertutup rapat. Selain itu hindari memasukkan makanan/minuman yang masih panas kedalam lemari es dan aturlah suhu lemari es sesuai kebutuhan yang tidak terlalu rendah, juga jangan sampai lemari es terlalu penuh.

Kemudian, matikan televisi serta peralatan audio visual lainnya bila tidak dilihat atau didengarkan. Dan pada saat seterika, aturlah tingkat panas yang diperlukan sesuai dengan bahan pakaian yang akan diseterika, serta niasakan menyeterika sekaligus dan hindari bolak balik mencabut serta mencolokkan kembali seterikaan ke sumber listrik.

Terakhir adalah pompa air. Gunakan tangki penampungan air dan menyalakan pompa air hanya bila air didalam tangki hampir habis. Gunakan juga sistem kontrol otomatis atau pemutus arus otomatis jika air sudah penuh agar lebih hemat.

Semoga cara-cara di atas bermanfaat bagi usaha penghematan listrik di rumah Anda.