Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes Awan Ukaya

Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes

makanan sehat untuk diabetes

Seorang penderita diabetes wajib mengontrol gula darahnya, termasuk dari segi makanan. Nah, makanan apa saja yang baik dikonsumsi penderita diabetes? Kami telah mengumpulkan infonya untuk Anda.

Berikut beberapa makanan sehat untuk yang dianjurkan untuk diabetes:

– Susu
Susu dan produk olahannya seperti keju dan yogurt kaya kalsium dan vitamin D dan dapat mengurangi resiko diabetes menjadi lebih parah. Tapi, pastikan memilih produk susu yang rendah atau bebas lemak.

– Ikan salmon dan tuna
Salmon dan tuna adalah ikan yang kaya asam lemak omega-3. Jenis lemak ini berfungsi mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan berat badan, mengurangi peradangan, serta memperbaiki resistensi insulin. Selain itu, kedua ikan ini juga mengandung vitamin D.

– Oats
Oats adalah makanan yang kaya serat dan bisa menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat LDL serta memperbaiki resistensi insulin. Kandungan serat dalam oat juga memperlambat proses pemecahan dan penyerapan karbohidrat. Karena itu, kadar gula darah Anda akan tetap stabil.

– Cokelat hitam (dark chocolate)
Cokelat kaya antioksidan flavonoid, yang berfungsi memperbaiki kadar kolesterol baik dan jahat serta mengurangi tekanan darah selama tidak dikonsumsi berlebihan.

Selain keempat makan diatas, kacang polong, biji rami, kenari, dan selai kacang juga merupakan makanan yang dianjurkan dikonsumsi untuk seorang pengidap diabetes. Keempat makanan tersebut juga mengandung serat dan rendah lemak, tapi tetap mencukupi kalori yang dibutuhkan tubuh. Dan jangan lupa tentunya tetap konsumsi cukup buah dan sayur-sayuran.