Langkah-langkah Tepat Saat Darurat 2 Awan Ukaya

Langkah-langkah Tepat Saat Darurat 2

Masih kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul “Langkah-langkah Tepat Saat Darurat” Sobat.

Ketika Demam

Sebenarnya demam bukan penyakit, melainkan reaksi dari tubuh yang terinfeksi. Misalnya, karena bayi anda batuk, pilek, diare, serta ada infeksi pada slauran pencernaan dan saluran pernapasan.

Si kecil di katakan demam bila suhu tubuhnya naik hingga di atas 38 drajat celcius. Jangan anggap remeh kondisi ini, karena di khawatirkan akan menganggu fungsi otaknya.

Penanganaan Pertama :

– Begitu suhu tubuhnya meningkat, letakkan bayi anda di kamar yang bersuhu sejuk. jangan kenakan pakaian yang terlalu tebal, sebab justru akan meningkatkan suhu tubuhnya.

– Sebelumnya di bawa ke dokter, anda bisa memberinya obat penurun panas, seperti parasetamol. cuma, perhatikan cara pemberian obat dan dosisinya harus tepat. Bila dalam jangka waktu dua hari demam tidak turun juga, segera bawa si kecil ke dokter. Jangan lupa, terus menyusuinya ( memberi asupan cairan ) agar ia mudah berkeringat. Kalau sudah bergini, suhu tubuhnya akan turun.

Catatan :

– Bayi usia kurang dari satu bulan belum tentu demam, meski tubuhnya mengalami infeksi. Hal ini karena pusat pengontrol suhu di otaknya belum berjalan dengan sempurna.

– Masih ada hejala lain yang jadi pertanda ia benar-benar sakit. Yakni, bayi menangis kurang kuat atau malah menangis terus, tidak mau minum atau caranya mnghisap ASI tidak kuat, dan sebagainya. kalau ini yang terjadi, segera bawa ke dokter.