Hepatitis C dan Ragam Hepatitis Awan Ukaya

Hepatitis C dan Ragam Hepatitis

Umumnya, seseorang yang menderita penyakit hepatitis akan menderita gejala-gejala seperti letih, demam, mual, kurang nafsu makan, air seni berwarna keruh ( seperti air teh ), dan rasa nyeri di perut bagian kanan atas. Namun, yang paling menonjol adalah kuku, kulit dan bagian putih mata berubah warna jadi kekuningan. Tak heran, orang sering menyebut hepatitis sebagai penyakt kuning. Wana kuning ini timbul karena kadar cairan empedu yang sudah berlebihan di dalam darah.

Tapi repotnya, penyakit hepatitis C sering tanpa gejala, sehingga akbiat yang ditimbulkannya bisa fatal. Menurut banyak penelitian, hanya sekitar 5% dari penderita yang mengalami gejala-gejala hepatitis C. Tak heran, bila penyakit ini sering terabaikan. Kalaupun timbul gejala, bisa hilang timbul. Misalnya, hari ini si penderita merasakan demam letih-mual, tapi keesokan harinya gejala tersebut hilang.

Selain itu, pada penderita hepatitis C, kadar SGOT ( enzim yang terdapat di otot jantung dan hati ) dan SGPT ( enzim yang terdapat di sel-sel organ hati ) sering terlihat normal. Padalah, bila kedua enzim itu kadarnya naik, berarti ada gangguan organ hati. Jadi, tanpa disadari proses kerusakan hati tetap berlanjut. Celakanya lagi, penderita sering tanpa sadar menularkannya ke orang lain.

Ragam Hepatitis

Sampai sekarang sudah ditemukan 7 jenis virus hepatitis, yaitu :

– Virus Hepatitis A ( HVA ), ditularkan melalui air, kotoran ( tinja ).

– Virus Hepatitis B ( HVB ), ditularkan melalui darah dari orang yang terinfeksi seperti pecandu narkoba yang memakai jarum suntik secara bersamaan, hubungan intim, dan sebagainya.

– Virus Hepatitis C ( HCV ). Mirip dengan hepatitis B, virus ini juga ditularkan melalu darah. Hepatitis B dan C menyebabkan kerusakan hati dan kanker hati.

– Virus Hepatitis D ( HVD ), sering menyerang pada orang yang rentan terhadap hepatitis B.

– Virus Hepatitis E ( HEV ), ditularkan lewat air yang terkontaminasi. Biasanya ditemukan pada anak-anak dan orang dewasa di negara-negara berkembang.

– Virus Hepatitis F ( HFV ), gejalanya mirip dengan hepatitis B, hanya beda virus.

– Virus Hepatitis G ( HGV ), jenis hepatitis ini baru ditemukan, sehingga belum banyak diketahui sifat-sifatnya.