A – Z Seputar Kehamilan Awan Ukaya

A – Z Seputar Kehamilan

Ada banyak hal yang terjadi selama masa kehamilan agar segala sesuatunya dapat berjalan mulus, tak ada slahnya bila mengenali A-Z yang mungkin anda alami selama hamil. Dengan demikian anda dapat segera menyiasatinya bila terjadi gangguan.

Anemia

Adalah gangguan yang disebabkan kurangnya sel darah merah dalam tubuh. Gangguan yang satu ini umum terjadi pada wanita hamil dan timbul bila zat besi dan asam folic dalam tubuh tidak mencukupi. Anemia dapat diketahui dari pemeriksaan darah rutin yang dilakukan pada pemeriksaan kehamilan. selain itu, biasanya anda merasa terlalu cepat lelah.

Untuk menghindari anemia, sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang bergizi secara simbang. Bila perlu, dokter akan memberi pil yang mengandung zat besi dan asam folic.

Berkeringat

Pada saat hamil, biasanya terjadi peningkatan metabolisme basah tubuh, sehingga mempengaruhi kerja hormon dan zat-zat dalam tubuh. Biasanya keadaan ini terjadi pada trimester terakhir kehamilan, sehingga anda akan selalu merasa kepanasan dan berkeringat. Keringat akan menjadi-jadi bila berat badan anda berlebih.

Untuk menyegarkan kulit yang selalu berkeringat, bawalah handuk kecil yang sewaktu-waktu dapat dicelupkan dalam air dingin. Atau, bisa juga adna semprotkan air dingin pada pergelangan tangan, bagian belakang leher dan belakang lutut, perbanyak minum untuk mengganti cairan yang hilang melalui keringat. Selain itu, hindari mengenakan pakaian ketat dan tebal. Sebaliknya, dianjurkan mengenakan jenis pakaian yang mudah menyerap keringat, seperti hujan.

Demikian Sobat Kita sambung ke artikel SELANJUTNYA KLIK DISINI