Permainan Yang Merangsang Kreativitas Awan Ukaya

Permainan Yang Merangsang Kreativitas

Melalui bermain, si kecil dapat mengembangkan kreativitasnya. Apa dan bagaimana kegiatan bermain yang baik dan benar ?

Bermain tidak hanya menyenangkan, tetapi juga dapat meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan si kecil. Salah satunya adalah perkembangan kreativitas anak.

Kreativitas adalah proses “mencipta” sesuatu yang sebelumnya tidak¬† ada menjadi ada. hal ini melibatkan elemen-elemen dan pengalaman-pengalaman yang ada saat ini untuk diproses di dalam otak guna menghasilkan sesuatu yang baru. Misalnya, saat si kecil melakukan pencampuran cat air warna biru dan kuning yang menghasilkan warna hijau. Bagi anak, penemuan warna hijau itu, setidaknya untuk pertama kalinya, apa yang dilakukan si kecil ini adalah proses kreatif.

Berain Kreatif

Pada dasarnya, anak-anak suka membuat sesuatu. Kegiatan yang berbau seni dan ketrampilan tangan seringkali menjadi pilihan mereka. Misalnya, mewarnai gambar, menempel guntingan kertas sehingga menghasilkan suatu bentuk atau punj membuat ‘rumah” menggunakan sofa dan selimut sebagai ‘atapnya’. semua itu dapat mengembangkan kreativitas si kecil.

Demikian pula alat bermain seperti lego, balok-balok kayu atau plastik dan pasir untuk membuat berbagai bentuk.

Memainkan suatu mainan dengan cara yang berbeda, menggabungkan mainan yang ada dengan benda di sekitar, atau pun membuat mainan sendiri, dapat pula mengembangkan kreativitas anak. jadi, saat si kecil bosan dengan mainan yang ada, anda bisa mengajaknya menggunakan benda-benda di sekitar rumah sebagai alat bermain atau tambahan mainan yang sudah ada. Misalnya, membuat mobil-mobilan dari kulit jeruk bali yang, mungkin, dulu diajarkan orang tua anda. Atau, membuat baju baru untuk bonekanya dari pakaian bekas. Dengan begitu, apa yang membuat permainan kembali menarik, karena tercipta suatu mainan yang ‘baru’.

Artikel kita sambung di post berikutnya ya sobat Berjudul Permainan Yang Merangsang Kreativitas ( 2 )

Untuk Melanjutkan silahkan KLIK DISINI

Semoga bermanfaat ( Ifan21 )